PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester : XII IPS/1
Mata Pelajaran : Ekonomi Tahun Ajaran : 2008/2009
Semester |
Standar Kompetensi |
Materi Pokok/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
Ket |
1 |
1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang.
|
1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar 1.3 Menghitung harga pokok penjualan 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang 1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
2.1 Membuat jurnal penutupan 2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar 2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku |
48 JP
24 JP
|
|
|
|
Jumlah |
72 JP |
|
2 |
|
3.1 Menjelaskan unsur-unsur manajemen
3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha 3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia
4.3 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi sekolah 4.2 Menghitung pembagian sisa hasil usaha 4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan |
20 JP
20 JP
20 JP
10 JP |
|
|
|
Jumlah |
70 JP |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi: 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang,
2. Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
No. |
Materi Pokok/Kompetensi Dasar |
Jml Jam |
Bulan |
Ket. |
|||||||||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
Januari |
|||||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
17 |
18 |
19 |
20 |
21 |
22 |
23 |
24 |
25 |
26 |
27 |
28 |
29 |
30 |
31 |
32 |
33 |
34 |
1. |
1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar 1.3 Menghitung harga pokok penjualan 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang 1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
|
48 |
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
Persiapan penerimaan rapor |
|
|
|
|
2.1 Membuat jurnal penutupan
2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar 2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku |
24 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah |
72 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
: |
Kegiatan tengah semester |
: |
Libur semester 1 |
: |
Ulangan umum semester 1 | |||
: |
Latihan ulangan umum semester 1 |
: |
Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri |
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester : XII IPS/1
Mata Pelajaran : Ekonomi Tahun Ajaran : 2008/2009
- Jumlah minggu dalam semester 1
No. |
Bulan |
Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. |
Juli
Agustus September Oktober November Desember Januari |
2 5 4 4 5 4 4 |
Total |
28 |
- Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
No. |
Kegiatan |
Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
Kegiatan tengah semester
Libur bulan Ramadan dan sesudah hari Raya Idul Fitri Latihan ulangan umum semester 1 Ulangan umum semester 1 Persiapan penerimaan rapor Libur semester 1 |
1 4 1 1 1 2 |
Total |
10 |
- Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 28 minggu – 10 minggu
= 18 minggu efektif
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang,
2. Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
Kelas/Semester : XII IPS/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar 1.3 Menghitung harga pokok penjualan 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang 1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
|
1. Jurnal khusus dibuat untuk menyempurnakan kelemahan-kelemahan dari jurnal umum. Jurnal khusus adalah buku harian yang digunakan untuk mencatat transaksi yang sejenis dan sering terjadi.
2. Macam-macam jurnal khusus dan cara pencatatannya: a. Jurnal penerimaan khas, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi yang mengakibatkan penerimaan uang tunai. b. Jurnal pengeluaran kas, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi yang mengakibatkan pengeluaran uang kas (tunai). c. Jurnal pembelian, adalah salah satu jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semuatransaksi pembelian barang dagangan dan barang-barang lain yang dibeli secara kredit. d. Jurnal penjualah, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang dagangan secara kredit.
3. Pemindahbukuan ke buku besar utama (posting), adalah proses pencatatan jumlah tiap kolom atau akun dalam jurnal khusus ke buku besar sesuai dengan debit atau kreditnya.
4. Memindahbukukan (memposting) jurnal khusus ke buku besar.
5. Harga pokok penjualan, yaitu harga untuk menentukan laba dari penjualan dengan cara menghitung barang yang tersedia untuk dijual dikurangi dengan persediaan akhir.
6. Rumus Harga Pokok Penjualan= Persediaan awal + pembelian bersih – persediaan akhir
7. Cara menghitung pembelian bersih.
8. Menghitung harga pokok penjualan
9. Penyusunan daftar salso. Daftar saldo adalah suatu daftar tempat pencatatan secara systematis jumlah sisa setiap akun buku besar, baik sebelah debit maupun kredit.
a. Laporan laba rugi, adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang hasil penjualan barang dagang dan pendapatan lain dalam suatu periode akuntansi tetentu. Laporan laba rugi dapat disusun dengan cara langsung (single step) dan secara bertahap (multiple step). b. Laporan perubahan modal, adalah laporan keuangan yang menggambarkan perubahan modal perusahaan dalam satu periode akuntansi. c. Neraca, merupakan laporan keuangan yang menggambarkan keadaan harta, utang, dan modal perusahaan dalam satu periode akuntansi. Neraca dapat dibuat dalam dua bentuk, yaitu bentuk scontro dan bentuk staffel atau laporan. |
– Ceramah – Diskusi – Penugasan |
Memahami tentang ke-giatan perdagangan in-ternasional dan pereko-nomian Indonesia |
48 JP (12 ´ pert.) |
– Buku paket Ekonomi kelas XII – Buku Ekonomi lain yang relevan – LKS |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semeste : XII IPS/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket. |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar 1.3 Menghitung harga pokok penjualan 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang 1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
|
a. Jurnal penerimaan khas, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi yang mengakibatkan penerimaan uang tunai. b. Jurnal pengeluaran kas, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi yang mengakibatkan pengeluaran uang kas (tunai). c. Jurnal pembelian, adalah salah satu jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semuatransaksi pembelian barang dagangan dan barang-barang lain yang dibeli secara kredit. d. Jurnal penjualah, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang dagangan secara kredit.
Persediaan awal + pembelian bersih – persediaan akhir
a. Laporan laba rugi, adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang hasil penjualan barang dagang dan pendapatan lain dalam suatu periode akuntansi tetentu. Laporan laba rugi dapat disusun dengan cara langsung (single step) dan secara bertahap (multiple step). b. Laporan perubahan modal, adalah laporan keuangan yang menggambarkan perubahan modal perusahaan dalam satu periode akuntansi. c. Neraca, merupakan laporan keuangan yang menggambarkan keadaan harta, utang, dan modal perusahaan dalam satu periode akuntansi. Neraca dapat dibuat dalam dua bentuk, yaitu bentuk scontro dan bentuk staffel atau laporan. |
Kuis dan praktek akuntansi |
-Pilihan ganda
-Laporan akuntansi |
1.Penentuan jumlah persediaan akhir dan harga pokok penjualan dilakukan sebelum menyusun…
2.Kas Rp 20.000.000, Piutang dagang Rp 9.000.000, Persediaan barang dagangan Rp 150.000, Perlengkapan took Rp 600.000, Peralatan toko Rp 24.000.000, Akumulasi penyusutan peralatan Rp 4.800.000, Utang dagang Rp 3.600.000, Utang gaji Rp 300.000, Modal Rp 186.900.000. Berdasarkan data di atas, buatlah neracanya dalam bentuk stafel dan skontro! |
X |
X |
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Materi Pokok : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Metode : Ceramah, diskusi, dan penugasan
Waktu : 12 jam pelajaran (12 ´ 45 menit)
Pertemuan ke- : 1,2, dan 3
I. Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
II. Kompetensi Dasar : Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
III. Materi Pelajaran
- Jurnal khusus dibuat untuk menyempurnakan kelemahan-kelemahan dari jurnal umum. Jurnal khusus adalah buku harian yang digunakan untuk mencatat transaksi yang sejenis dan sering terjadi.
- Macam-macam jurnal khusus dan cara pencatatannya:
- Jurnal penerimaan khas, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi yang mengakibatkan penerimaan uang tunai.
- Jurnal pengeluaran kas, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi yang mengakibatkan pengeluaran uang kas (tunai).
- Jurnal pembelian, adalah salah satu jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semuatransaksi pembelian barang dagangan dan barang-barang lain yang dibeli secara kredit.
- Jurnal penjualah, adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang dagangan secara kredit.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
1. Pendahuluan – Motivasi : Pentingnya materi ini untuk dapat membuat / menulis jurnal khusus – Prasyarat : Memahami tentang dasar-dasar akuntansi 2. Kegiatan Inti – Guru : Menjelaskan tentang pengertian, jenis-jenis, dan cara penulisan jurnal khusus. – Siswa : Memperhatikan, menulis hal-hal yang penting, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang materi yang telah diberikan guru. 3. Penutup – Membuat rangkuman – Penugasan
|
20’
260’
260’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : Bukti-bukti transaksi
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis dan praktik akuntansi
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XII
– Buku Ekonomi lain yang relevan
– LKS
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Materi Pokok : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Metode : Ceramah, diskusi, dan penugasan
Waktu : 8 jam pelajaran ( 8 ´ 45 menit )
Pertemuan : ke-4 dan 5
I. Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
II. Kompetensi Dasar : Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar
III. Materi Pelajaran :
- 1. Pemindahbukuan ke buku besar utama (posting), adalah proses pencatatan jumlah tiap kolom atau akun dalam jurnal khusus ke
buku besar sesuai dengan debit atau kreditnya.
2. Memindahbukukan (memposting) jurnal khusus ke buku besar.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
1. Pendahuluan
– Motivasi : Pentingnya materi ini untuk dapat memposting transaksi dari jurnal khusus ke buku besar – Prasyarat : Memahami jurnal khusus
2. Kegiatan Inti – Guru : Menjelaskan tentang cara-cara memposting transaksi dari jurnal khusus ke buku besar. – Siswa : Memperhatikan, menulis hal-hal yang penting, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang materi yang telah diberikan guru.
3. Penutup – Membuat rangkuman, penugasan, dan ulangan harian 1
|
20’
100’
240’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : Bukti-bukti transaksi
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis dan praktik akuntansi
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XII
– Buku Ekonomi lain yang relevan
– LKS
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Materi Pokok : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Metode : Ceramah, diskusi, dan penugasan
Waktu : 4 jam pelajaran (4 ´ 45 menit)
Pertemuan ke- : 6
I. Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
II. Kompetensi Dasar : Menghitung harga pokok penjualan
III. Materi Pelajaran
- Harga pokok penjualan, yaitu harga untuk menentukan laba dari penjualan dengan cara menghitung barang yang tersedia untuk dijual dikurangi dengan persediaan akhir.
- Rumus Harga Pokok Penjualan = Persediaan awal + pembelian bersih – persediaan akhir
- Cara menghitung pembelian bersih.
- Menghitung harga pokok penjualan
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
1. Pendahuluan – Motivasi : Pentingnya materi ini untuk dapat menghitung harga pokok penjualan. – Prasyarat : Memahami cara memposting jurnal khusus ke buku besar
2. Kegiatan Inti – Guru : Menjelaskan tentang pengertian, rumus, dan cara menghitung harga pokok penjualan. – Siswa : Memperhatikan, menulis hal-hal yang penting, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang materi yang telah diberikan guru. 3. Penutup – Membuat rangkuman – Penugasan
|
10’
90’
80’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : Bukti-bukti transaksi
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis dan praktik akuntansi
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XII
– Buku Ekonomi lain yang relevan
– LKS
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Materi Pokok : Perdagangan Internasional
Metode : Ceramah, diskusi, dan penugasan
Waktu : 12 jam pelajaran ( 12 ´ 45 menit )
Pertemuan : 7, 8, dan 9
I. Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
II. Kompetensi Dasar : Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
III. Materi Pelajaran :
- Penyusunan daftar sisa/daftar saldo. Daftar saldo adalah suatu daftar tempat pencatatan secara systematis jumlah sisa setiap
akun buku besar, baik sebelah debit maupun kredit.
- Pencatatan jurnal penyesuaian perusahaan dagang. Jurnal penyesuaian dibuat berdasarkan daftar sisa atau neraca saldo dan
data penyesuaian di akhir periode.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
1. Pendahuluan
– Motivasi : Pentingnya materi ini untuk dapat menyusun daftar sisa/daftar saldo. – Prasyarat : Memahami tentang harga pokok penjualan. 2. Kegiatan Inti – Guru : Menjelaskan tentang cara-cara menyusun daftar sisa/daftar saldo dan jurnal penyesuaian. – Siswa : Memperhatikan, menulis hal-hal yang penting, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang materi yang telah diberikan guru.
3. Penutup – Membuat rangkuman dan penugasan
|
20’
260’
260’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : Bukti-bukti transaksi
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis dan praktik akuntansi
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XII
– Buku Ekonomi lain yang relevan
– LKS
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Materi Pokok : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Metode : Ceramah, diskusi, dan penugasan
Waktu : 12 jam pelajaran (12 ´ 45 menit)
Pertemuan : 10, 11, dan 12
I. Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
II. Kompetensi Dasar : Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang,
Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
III. Materi Pelajaran :
Penyusunan kertas kerja perusahaan dagang. Kertas kerja disusun berdasarkan daftar sisa dan data penyesuaian pada akhir periode akuntansi. Kertas kerja ini disusun untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
1. Pendahuluan – Motivasi : Pentingnya materi ini untuk dapat membuat / menyusun kertas kerja. Prasyarat : Memahami tentang penyusunan daftar saldo dan jurnal penyesuaian. 2. Kegiatan Inti – Guru : Menjelaskan tentang penyusunan kertas kerja perusahaan dagang. – Siswa : Memperhatikan, menulis hal-hal yang penting, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang materi yang telah diberikan guru. 3. Penutup – Membuat rangkuman – Penugasan
|
20
200
320 |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : Bukti-bukti transaksi
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis dan praktik akuntansi
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XII
– Buku Ekonomi lain yang relevan
– LKS
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Materi Pokok : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Metode : Ceramah, diskusi, dan penugasan
Waktu : 12 jam pelajaran ( 12 ´ 45 menit )
Pertemuan : 13, 14, dan 15
I. Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
II. Kompetensi Dasar : Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
III. Materi Pelajaran :
- Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang. Laporan keuangan disusun pada akhir periode akuntansi dan berdasarkan
kertas kerja.
- Laporan laba rugi, adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang hasil penjualan barang dagang dan pandapatan lain dalam suatu periode akuntansi tetentu. Laporan laba rugi dapat disusun dengan cara langsung (single step) dan secara bertahap (multiple step).
- Laporan perubahan modal, adalah laporan keuangan yang menggambarkan perubahan modal perusahaan dalam satu periode akuntansi.
- Neraca, merupakan laporan keuangan yang menggambarkan keadaan harta, utang, dan modal perusahaan dalam satu periode akuntansi. Neraca dapat dibuat dalam dua bentuk, yaitu bentuk scontro dan bentuk staffel atau laporan.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
1. Pendahuluan
– Motivasi : Pentingnya materi ini untuk dapat menyusun laporan keuangan perusahaan dagang. – Prasyarat : Memahami penyusunan kertas kerja perusahaan dagang. 2. Kegiatan Inti – Guru : Menjelaskan tentang penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang. – Siswa : Memperhatikan, menulis hal-hal yang penting, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang materi yang telah diberikan guru.
3. Penutup – Membuat rangkuman, penugasan, dan ulangan harian 3
|
20’
260’
260’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : Bukti-bukti transaksi
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis dan praktik akuntansi
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XII
– Buku Ekonomi lain yang relevan
– LKS
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/I
Tahun Ajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi : Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahan dagang
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
2.1 Membuat jurnal penutupan
2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar 2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku |
Memindahkan semua saldo perkiraan pendapatan (perhitunganlaba rugi sisi kredit) kea kun ikhtisar laba rugi. Memindahkan semua perkiraaan beban (perhitungan laba rugi sisi debit) kea kun ikhtisar laba rugi. Memindahkan saldo akun pengambilan prive ke akun modal (debit).
|
– Ceramah – Diskusi – Penugasan – Praktik |
Siswa mampu menutup siklus akuntansi pada perusahaan dagang. |
24 JP (6 ´ pert.) |
– Buku paket Ekonomi kelas XII – Buku Ekonomi lain yang relevan – LKS |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Standar Kompetensi : Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahan dagang
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket. |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
2.1 Membuat jurnal penutupan
2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar 2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku |
1. Cara membuat jurnal penutup yaitu dengan memindahkan saldo-saldo perkiraan nominal ke perkiraan riil yang disusun setelah kertas kerja selesai. 2. Fungsi jurnal penutup yaitu untuk membuat perkiraan nominal bersaldo nol (0) atau tidak bersaldo, sehingga dapat digunakan kembali untuk mencatat transaksi pada periode berikutnya. 3. Cara menyususn jurnal penutup: Memindahkan semua saldo perkiraan pendapatan (perhitunganlaba rugi sisi kredit) kea kun ikhtisar laba rugi. Memindahkan semua perkiraaan beban (perhitungan laba rugi sisi debit) kea kun ikhtisar laba rugi. 4. Memindahkan saldo akun pengambilan prive ke akun modal (debit). 5. Menutup buku besar. Setelah jurnal penutup selesai dibuat, maka selanjutnya menutup tiap-tiap akun buku besar dengan terlebih dahulu memindahkan jurnal penyesuaian dan jurnal penutup. 6. Menyusun daftar saldo setelah penutupan. Setelah buku besar ditutup, maka selisih sebelah debet dan kredit yang dinamakansaldo, dicatat pada suatu daftar yang diserbut daftar saldo setelah penutupan. 7. Membuat jurnal pembalik.Setelah selesai menyusun neraca saldo setelah penutupan, maka angkah selanjutnya ialah membuat jurnal pembalik. Jurnal pembalik adalah jurnal yang dibuat untuk membalik ayat jurnal penyesuaian yang menimbulkan perkiraan baru, dengan tujuan agar pencatatan periode berikutnya dapat dilakukan dengan mudah dam wajar.
|
Kuis |
Pilihan ganda
Praktik akuntansi |
1. Tujuan penutupan buku besar adalah… a. Untuk menyeimbangkan jumlah debet dan kredit b. Agar saldo akun-akun kekayaan tidak hilang c. Untuk menghilangkan akun-akun riil d.Untuk menghilangkan akun-akun nominal e. Untuk menghilangkan akun-akun yang tidak perlu
Buatlah jurnal penyesuaian berikut ini menjadi jurnal pembalik! Biaya gaji Rp 50.000,- Gaji yang harus dibayar Rp 50.000,- |
Ö
|
V |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Materi Pokok : Penutupan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Metode : Ceramah, diskusi, dan penugasan
Waktu : 8 jam pelajaran (8 ´ 45 menit)
Pertemuan Ke- : 16 dan 17
I. Standar Kompetensi : Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahan dagang
II. Kompetensi Dasar : Membuat jurnal penutupan.
III. Materi Pelajaran :
- Cara membuat jurnal penutup yaitu dengan memindahkan saldo-saldo perkiraan nominal ke perkiraan riil yang disusun setelah kertas kerja selesai.
- Fungsi jurnal penutup yaitu untuk membuat perkiraan nominal bersaldo nol (0) atau tidak bersaldo, sehingga dapat digunakan kembali untuk mencatat transaksi pada periode berikutnya.
- Cara menyususn jurnal penutup:
a. Memindahkan semua saldo perkiraan pendapatan (perhitunganlaba rugi sisi kredit) kea kun ikhtisar laba rugi.
b. Memindahkan semua perkiraaan beban (perhitungan laba rugi sisi debit) kea kun ikhtisar laba rugi.
- Memindahkan saldo akun pengambilan prive ke akun modal (debit).
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
1. Pendahuluan – Motivasi : Pentingnya materi ini untuk dapat membuat jurnal penutupan. – Prasyarat : Memahami tentang laporan keuangan.
2. Kegiatan Inti – Guru : Menjelaskan tentang pembuatan jurnal penutupan. – Siswa : Memperhatikan, menulis hal-hal yang penting, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang materi yang telah diberikan guru.
3. Penutup – Membuat rangkuman dan penugasan |
20’
200’
140’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : Bukti-bukti transaksi
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis dan praktik akuntansi
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XII
– Buku Ekonomi lain yang relevan
– LKS
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII IPS/1
Materi Pokok : Penutupan Siklus Akuntans Perusahaan Dagang
Metode : Ceramah, diskusi, dan penugasan
Waktu : 12 jam pelajaran (12 ´ 45 menit)
Pertemuan ke- : 18, 19, dan 20
I. Standar Kompetensi : Mamahami penutupan siklus akuntansi perusahan dagang
II. Kompetensi Dasar : 1. Melakukan posting jurnal penutup ke buku besar
2. Membuat neraca saldo setelah penutupan
III. Materi Pelajaran :
- Menutup buku besar. Setelah jurnal penutup selesai dibuat, maka selanjutnya menutup tiap-tiap akun buku besar dengan terlebih dahulu memindahkan jurnal penyesuaian dan jurnal penutup.
- Menyusun daftar saldo setelah penutupan. Setelah buku besar ditutup, maka selisih sebelah debet dan kredit
yang dinamakansaldo, dicatat pada suatu daftar yang diserbut daftar saldo setelah penutupan.
- Membuat jurnal pembalik.Setelah selesai menyusun neraca saldo setelah penutupan, maka angkah selanjutnya ialah membuat jurnal pembalik. Jurnal pembalik adalah jurnal yang dibuat untuk membalik ayat jurnal penyesuaian yang menimbulkan perkiraan baru, dengan tujuan agar pencatatan periode berikutnya dapat dilakukan dengan mudah dam wajar.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
1. Pendahuluan – Motivasi : Pentingnya materi ini untuk dapat menutup buku besar. – Prasyarat : Memahami tentang jurnal penutupan. 2. Kegiatan Inti – Guru : Menjelaskan tentang cara menutup buku besar – Siswa : Memperhatikan, menulis hal-hal yang penting, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan menyampaikan pendapat/pertanyaan tentang materi yang telah diberikan guru.
3. Penutup – Membuat rangkuman, penugasan, ulangan harian 4, dan latihan ulangan umum semester I
|
20’
90’
430’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : Bukti-bukti transaksi.
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis dan praktik akuntansi.
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XII
– Buku Ekonomi lain yang relevan
– LKS
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah