PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Kelas/Semester : XI IPS/1
Mata Pelajaran : Ekonomi
Tahun Ajaran : 2008- 2009
Smt |
Standar Kompetensi. |
Materi Pokok/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
Ket |
1 |
|
1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan
1.2 Mendeskripsikan tujuan pembangunan 1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi 1.4 Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional 2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD 2.2 Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah 2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal 2.4 Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah
3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek 3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
4.1 Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional 4.2 Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran 4.3 Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping 4.4 Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya |
24 JP
16 JP
12 JP
20 JP |
|
|
|
Jumlah |
72 JP |
|
2 |
|
5.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
5.2 Menafsirkan persamaan akuntansi 5.3 Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit dan kredit 5.4 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum 5.5 Melakukan posting dari jurnal ke buku besar 5.6 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa 5.7 Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa |
16 JP
16 JP |
|
|
|
16 JP |
||
|
|
Jumlah |
48 JP |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
No. |
Materi Pokok/Kompetensi Dasar |
Jml Jam |
Bulan |
Ket. |
|||||||||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
Januari |
|||||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
17 |
18 |
19 |
20 |
21 |
22 |
23 |
24 |
25 |
26 |
27 |
28 |
29 |
30 |
31 |
32 |
33 |
34 |
1
. |
1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan 1.2 Mendeskripsikan tujuan pembanguna 1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi 1.4 Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional |
28 |
|
|
X |
x |
x |
x |
x |
x |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
persiapan penerimaan rapor |
|
|
|
|
2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD 2.2 Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah 2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal 2.4 Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah
|
26 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
x |
x |
|
|
|
|
|
x |
|
|
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengenal jenis produk dalam bursa efek 3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
x |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
4.1 Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional 4.2 Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran 4.3 Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping 4.4 Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya |
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
x |
x |
x |
|
|
|
|
|
|
|
Latihan Ulangan Umum Smt |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah |
72 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
: |
Kegiatan tengah semester |
: |
Libur semester 1 |
: |
Ulangan umum | |||
: |
Latihan ulangan umum semester 1 |
: |
Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri |
|
semester 1 |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Kelas/Semester : XI IPS/1
Mata Pelajaran : Ekonomi
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
- Jumlah minggu dalam semester 1
No. |
Bulan |
Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. |
Juli
Agustus September Oktober November Desember Januari |
2 5 4 4 5 4 4 |
Total |
28 |
- Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
No. |
Kegiatan |
Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
Kegiatan tengah semester
Libur bersama bulan Ramadan dan sesudah hari raya Idul Fitri Latihan ulangan umum semester 1 Ulangan umum semester 1 Persiapan penerimaan rapor Libur semester 1 |
1 4 1 1 1 2 |
Total |
10 |
- Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 28 minggu – 10 minggu
= 18 minggu efektif
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
Kompetensi Dasar/Materi Pokok |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
1.1 Mengklasifikasi ketenaga-kerjaan
1.2 Mendeskripsikan tujuan pembangun 1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi 1.4 Mendeskripsikan pengang-guran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional |
|
– Ceramah
– Tanya jawab – Diskusi – Penugasan |
Memahami segala sesuatu tentang ketenagaker-jaan dan masalah ekonomi.
|
10 x pertemuan |
– Buku paket Ekonomi XI
– Buku-buku lain yang relevan
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Pendapatan Nasional
Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket. |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
|
Kuis | – Pilihan ganda
– Uraian |
d. penduduk di atas usia kerja
|
Ö
|
Ö
Ö |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI IPS/1
Materi Pokok : Ketenagakerjaan
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Pertemuan : 1 s.d. 10
I. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
II. Kompetensi Dasar :
1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan
1.2 Mendeskripsikan tujuan pembangun
1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi
1.4 Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional
III. Materi Pembelajaran :
- Angkatan kerja adalah jumlah penduduk usia kerja yang mencakup penduduk yang sudah bekerja dan yang sedang mencari pekerjaan.
- Tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk suatu negara yang berusia 10-64 tahun yang mampu memproduksi barang dan jasa jika permintaan terhadap tenaga kerja dan jika mereka mau berpartisipasi dalam kegiatan produksi.
- Tenaga kerja terdiri dari: angkatan kerja, bukan angkatan kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran.
- Upaya peningkatan kualitas kerja dengan: on the job training dan off the job training.
- Sistem upah: penghitungan upah, bentuk kompensasi pekerja, fasilitas dan tunjangan pekerja.
- Jenis-jenis pengangguran: pengangguran normal, terselubung, dan terbuka.
- Jenis-jenis pengangguran: pengangguran musiman, friksional, konjungtural, struktural, suka rela, deflasioner, dan teknologi.
- Dampak pengangguran: menurunnya pendapatan nasional, kemampuan ekspor masyarakat menurun, turunnya pendapatan per kapita, dll.
- Cara mengatasi pengangguran: proyek padat karya, meningkatkan daya beli masyarakat, menarik investor baru, pelatihan keterampilan masyarakat, dll.
- Pembangunan ekonomi adalah proses meningkatkan PNB (Produk Nasional Bruto) sekaligus meningkatkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara melalui pertumbuhan ekonomi.
- Faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi: Sumber Daya Alam, sumber daya modal, jumlah penduduk dan kualitas penduduk, sistem sosial dan masyarakat, pangsa pasar.
- Tujuan pembangunan ekonomi adalah mewujudkan masyarakat adil makmur, yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI.
- Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan output per kapita dalam jangka panjang.
- Indikator pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari: pendapatan nasional riil, pendapatan perkapita riil, dan produktivitas per kapita.
- Dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi: dampak ekonomi, sosial, dan individu dan keluarga.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
I. Pendahuluan
Motivasi : Pentingnya mempelajari masalah-masalah ketenagakerjaan. Prasyarat : Siswa telah mempelajari materi kelas X II. Kegiatan Inti Guru : – Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang ketenagakerjaan, pengangguran, pembangunan ekonomi, menghitung laju pertumbuhan ekonomi, dan dampak pengangguran. – Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas Siswa : – Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik – Menanyakan hal-hal yang belum jelas dan menyampaikan pendapat tentang materi ayng diberikan guru. III. Penutup – Membuat rangkuman – Uji kompetensi dan ulangan harian I |
30’
320’
100’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran :
VI. Penilaian :
A. Jenis tagihan : Kuis
B. Tindak lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XI
– Buku-buku lain yang relevan
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
Kompetensi Dasar//Materi Pokok |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
AlokasiWaktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
|
|
– Ceramah
– Tanya jawab – Diskusi – Penugasan |
Mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan APBN dan APBD
|
17 x pertemuan |
– Buku paket Ekonomi XI – Buku-buku lain yang relevan
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : APBN dan APBD
Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket. |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
|
|
Kuis |
– Pilihan ganda – Uraian |
a. bea masuk b. pajak penghasilan c. pajak ekspor d. pajak penjualan e. cukai bir
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI IPS/1
Materi Pokok : APBN dan APBD
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Pertemuan : 11 s.d. 17
I. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
II. Kompetensi Dasar :
2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD
2.2 Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah
2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal
2.4 Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah
III. Materi Pembelajaran :
- APBN adalah suatu daftar atau penjelasan terinci mengenai penerimaan dan pengeluaran negara untuk jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun.
- Tujuan dibuatnya APBN adalah untuk mengatur penerimaan dan pembelanjaan negara agar pemanfaatan keuangan neegara dapat mencapai sasaran dan sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran negara dalam melaksanakan kegiatan kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
- Prinsip penyusunan APBN: berdasarkan aspek pendapatan negara, berdasarkan aspek pengeluaran negara.
- Aspek penyusunan APBN: kemandirian, penghematan dan peningkatan efisiensi dan produktivitas, penajaman prioritas pembangunan.
- Cara penyusunan APBN: pemerintah menyusun APBN kemudian diajukan ke DPR untuk dibahas. DPR membahas RAPBN dengan tujuan menerima atau tidak, jika diterima, RAPBN akan disahkan menjadi APBN dan disampaikan kepada pemerintah untuk dilaksanakan, jika ditolak, pemerintah harus menggunakan APBN sebelumnya.
- Sumber-sumber pendapatan negara: penerimaan dalam negeri ( penerimaan perpajakan, penerimaan bukan pajak), hibah.
- APBD adalah suatu daftar yang memuat perincian sumber-sumber pendapatan daerah dan macam-macam pengeluaran daerah dalam waktu satu tahun.
- Tujuan APBD adalah sebagai pedoman pendapatan dan belanja dalam malaksanakan kegiatan pemerintah daerah.
- Fungsi APBD: fungsi otorisasi, perencanaa, pengawasan, alokasi, distribusi.
10. Sumber-sumber pendapatan daerah: pendapatan asli daerah, dana pertimbangan, lain-lain pendapatan.
11. Dampak APBD terhadap perekonomian: APBD merupakan pedoman bagi kegiatan pembangunan ekonomi daerah, dapat digunakan sebagai alat perbaikan ekonomi, dapat mempengaruhi perubahan harga di daerah, dll.
12. Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam mengelola keuangan negara (penerimaan dan pengeluaran) sedemikian rupa sehingga dapat memengaruhi perekonomian nasional seperti produksi, konsumsi, investasi, dll.
13. Jenis-jenis kebijakan fiskal: pengaturan pengeluaran pemerintah, peningkatan tarif pajak, dan pemberlakuan pinjaman pemerintah.
14. Pajak adalah iuran wajib yang dibayarkan oleh wajib pajak kepada negara berdasarkan undang-undang untuk membiayai pengeluaran kolektif dan meningkatkan kesejahteraan umum dengan balas jas tidak diberikan secara langsung.
15. Fungsi utama pajak: fungsi anggaran, pembiayaan, pertumbuhan ekonomi, stabilisasi, dan redistribusi pendapatan.
16. Jenis-jenis pajak: PPh, PPN, PPn, cukai tambahan, pita rokok, pajak tontonan.
17. Asas-asas pemungutan pajak: asas domisili, sumber, dan kebangsaan.
18. Sistem pemungutan pajak: official assesment sistem, self assesment sistem, dan with holding sistem.
19. Sistem penetapan tarif pajak: sistem proporsional, progresif, degresif, dan regresif.
20. Kebijakan anggaran adalah semua kebijakan yang dilakukan pemerintah dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran negara.
21. Jenis-jenis kebijakan anggaran: kebijakan anggaran surplus, defisit, seimbang, dan berimbang dinamis.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
I. Pendahuluan
Motivasi : Pentingnya mengetahui APBN, APBD, kebijakan fiskal, perpajakan, cara menghitung pajak, dan mengetahui kebijakan anggaran. Prasyarat : Siswa telah mempelajari tentang ketenagakerjaan
II. Kegiatan Inti Guru : – Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang APBN, APBD, kebijakan fiskal, perpajakan, cara menghitung pajak, dan mengetahui kebijakan anggaran. – Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas
Siswa : – Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik – Menanyakan hal-hal yang belum jelas dan menyampaikan pendapat tentang materi yang disampaikan guru.
III. Penutup – Membuat rangkuman – Uji kompetensi – Ulangan harian |
25’
200’
90’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran :
VI. Penilaian :
A. Jenis tagihan : Kuis
B. Tindak lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XI
– Buku-buku lain yang relevan
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Standar Kompetensi : Mengenai pasar modal
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
Kompetensi Dasar/Materi Pokok |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
|
– Ceramah
– Tanya jawab – Diskusi – Penugasan |
Memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan pasar modal dan perekonomian.
|
24 ´ 45 menit |
– Buku paket Ekonomi XI
– Buku-buku lain yang relevan
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Pasar Modal
Standar Kompetensi : Mengenai pasar modal
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket. |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
|
Kuis |
Pilihan ganda
Uraian |
|
Ö
Ö
|
|
Ö |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI IPS/1
Materi Pokok : Pasar Modal
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Pertemuan : 18 s.d. 22
I. Standar Kompetensi : Mengenai pasar modal
II. Kompetensi Dasar :
- Mengenai jenis produk dalam bursa efek
- Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.
III. Materi Pembelajaran :
- Pasar modal adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran kredit jangka panjang.
- Para pelaku pasar modal: emiten, perusahaan efek, perusahaan publik, dan reksadana.
- Fungsi pasar modal: memperluas sumber dana jangka panjang untukpembiayaan perusahaan, mempermudah pengurangan surat-surat berharga/efek, meningkatkan peredaran surat-surat berharga, dll.
- Manfaat pasar modal berefek pada: investor, emiten, pemerintah, dan lembaga penunjang.
- Jenis-jenis produk dalam bursa efek: saham (saham biasa, saham preferen), scriptless trading, warrant, rights, obligasi, reksadana, indeks berjangka.
- Pasar uang adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran pinjaman modal jangka pendek. contoh: bank, koperasi, lembaga keuangan lainnya.
- Ciri-ciri pasar uang: jangka waktu dana yang pendek, tidak terikat pada tempat tertentu, permintaan dan penawaran bertemu secara langsung.
- Jenis komoditi dalam pasar uang: pinjaman sewaktu-waktu, kertas-kertas perbendaharaan negara, sertifikat bank, wesel, dll.
- Fungsi pasar uang: memperluas sumber pembiayaan bagi perusahaan, sebagai tempat penghimpundana jangka pendek, dll.
10. Manfat pasar uang: terpenuhinya kebutuhan dana jangka pendek bagi badan usaha yang memerlukan biaya, tersalurnya dana para penabung swasta dan badan usaha yang ingin membungakan modalnya.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
I. Pendahuluan
Motivasi : Memotivasi siswa agar dapat mengetahui pengertian pasar modal, pasar uang dan fungsinya dalam suatu perekonomian negara Prasyarat : Siswa telah mempelajari materi APBN dan APBD
II. Kegiatan Inti Guru : – Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang pengertian pasar modal, masar uang, manfaat pasar modal, pasar uang, serta fungsinya dalam perekonomian negara. – Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas
Siswa : – Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik – Menanyakan hal-hal yang belum jelas dan menyampaikan pendapat tentang materi yang disampaikan guru.
III. Penutup – Membuat rangkuman, – Uji kompetensi, & – Ulangan harian 3 |
10’
125’
90’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran :
VI. Penilaian :
A. Jenis tagihan : Kuis
B. Tindak lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket ekonomi kelas XI
– Buku-buku lain yang relevan
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Standar Kompetensi : Memahami perekonomian terbuka
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
Kompetensi Dasar/Materi Pokok |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
|
10. Komponen-komponen neraca pembayaran: neraca perdagangan/ barang, neraca jasa, neraca modal, neraca lalu lintas moneter.
11. Manfaat neraca pembayaran: memberikan informasi tentang posisi negara yang bersangkutan dalam perdagangan, memberikan keterangan terhadap pemerintah di dalam menetapkan berbagai kebijakan perekonomian nasional. 12. Tujuan neraca pembayaran: untuk mengetahui transaksi luar negeri terhadap pendapatan asional, sebagai alat dari kebijakan moneter yang akan dilaksanakan oleh suatu negara. 13. Beberapa konsep dalam kebijakan proteksionis: tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasiharga, dan dumping.
14. Status neraca pembayaran: neraca pembayaran surplus, defisit, dan seimbang. 15. Devisa adalah pendapatan suatu negara dalam bentuk mata uang asing. 16. Jenis devisa: devisa umum, devisa kredit. 17. fungsi devisa: untuk menjaga stabilitas ekonomi suatu negara, mempermudah transaksi jual beli antarnegara. 18. Sumber-sumber devisa: ekspor barang, pungutan bea masuk, bantuan luar negeri. 19. Sistem devisa: sistem standar emas, kurs mengambang, pengawasan devisa, kurs tambahan. 20. Alat-alat pembayaran internasional: cash payment, open account, commercial bill of exchange, letter of credit (L/C), private competitioan, cek, emas. |
– Ceramah
– Tanya jawab – Diskusi – Penugasan |
Memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan pasar modal dan perekonomian.
|
8 x pertemuan |
– Buku paket Ekonomi XI
– Buku-buku lain yang relevan
|
|
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Perdagangan internasional
Standar Kompetensi : Memahami perekonomian terbuka
Kelas/Semester : XI IPS/1
Tahun Ajaran : 2008 – 2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket. |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
|
10. Komponen-komponen neraca pembayaran: neraca perdagangan/ barang, neraca jasa, neraca modal, neraca lalu lintas moneter.
11. Manfaat neraca pembayaran: memberikan informasi tentang posisi negara yang bersangkutan dalam perdagangan, memberikan keterangan terhadap pemerintah di dalam menetapkan berbagai kebijakan perekonomian nasional.
12. Tujuan neraca pembayaran: untuk mengetahui transaksi luar negeri terhadap pendapatan asional, sebagai alat dari kebijakan moneter yang akan dilaksanakan oleh suatu negara.
13. Beberapa konsep dalam kebijakan proteksionis: tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasiharga, dan dumping.
14. Status neraca pembayaran: neraca pembayaran surplus, defisit, dan seimbang.
15. Devisa adalah pendapatan suatu negara dalam bentuk mata uang asing.
16. Jenis devisa: devisa umum, devisa kredit.
17. Fungsi devisa: untuk menjaga stabilitas ekonomi suatu negara, mempermudah transaksi jual beli antarnegara.
18. Sumber-sumber devisa: ekspor barang, pungutan bea masuk, bantuan luar negeri.
19. Sistem devisa: sistem standar emas, kurs mengambang, pengawasan devisa, kurs tambahan. 20. Alat-alat pembayaran internasional: cash payment, open account, commercial bill of exchange, letter of credit (L/C), private competitioan, cek, emas. |
Kuis
Tugas |
Pilihan ganda
Uraian |
|
Ö
|
|
Ö |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI IPS/1
Materi Pokok : Perdagangan Internasional
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Pertemuan : 23 s.d. 30
I. Standar Kompetensi : Memahami perekonomian terbuka
II. Kompetensi Dasar :
- Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
- Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran
- Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping
- Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya
III. Materi Pembelajaran :
- Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa antara dua negara di pasar dunia atau global dengan jelan melakukan ekspor atau impor.
- Manfaat perdagangan internasional: menambah devisa negara, menambah kesempatan kerja, terjadinya alih teknologi, dll.
- Teori perdagangan internasional: teori keuntungan mutlak (absolutely advantage), teori keuntungan komparatif (comparatif advantage).
- Kebijakan perdagangan inernasional: kebijakan perdagangan bebas, kebijakan proteksionis.
- Kurs valuta asing adalah nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain.
- Faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing: kebijakan pemerintah, mekanisme pasar, sistem kurs yang dipakai, jumlah uang yang beredar.
- Sistem kurs valuta asing: sistem kurs tetap, mengambang, dan mengambang terkendali.
- Cara menghitung kurs valuta asing, dalam perhitungan, kurs terbagai menjadi dua, yaitu: kurs jual dan kurs beli.
- Neraca pembayaran adalah vatatan sistematis mengenai semua transaksi ekonomi antarpenduduk suatu negara dengan negara lain selama periode tertenu.
- Komponen-komponen neraca pembayaran: neraca perdagangan/ barang, neraca jasa, neraca modal, neraca lalu lintas moneter.
- Manfaat neraca pembayaran: memberikan informasi tentang posisi negara yang bersangkutan dalam perdagangan, memberikan keterangan terhadap pemerintah di dalam menetapkan berbagai kebijakan perekonomian nasional.
- Tujuan neraca pembayaran: untuk mengetahui transaksi luar negeri terhadap pendapatan nasional, sebagai
alat dari kebijakan moneter yang akan dilaksanakan oleh suatu negara.
- Beberapa konsep dalam kebijakan proteksionis: tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasiharga, dan dumping.
- Status neraca pembayaran: neraca pembayaran surplus, defisit, dan seimbang.
- Devisa adalah pendapatan suatu negara dalam bentuk mata uang asing.
- Jenis devisa: devisa umum, devisa kredit.
- Fungsi devisa: untuk menjaga stabilitas ekonomi suatu negara, mempermudah transaksi jual beli antarnegara.
- Sumber-sumber devisa: ekspor barang, pungutan bea masuk, bantuan luar negeri.
- Sistem devisa: sistem standar emas, kurs mengambang, pengawasan devisa, kurs tambahan.
- Alat-alat pembayaran internasional: cash payment, open account, commercial bill of exchange, letter of credit (L/C), private competition, cek, emas.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
I. Pendahuluan
Motivasi : Memotivasi siswa agar dapat memahami tentang perdagangan internasional Prasyarat : Siswa telah mempelajari materi tentang pasar modal
II. Kegiatan Inti Guru : – Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan perdagangan internasional: manfaat, keuntungan, dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional, devisa, kurs, dll.
– Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas
Siswa : – Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik – Menanyakan hal-hal yang belum jelas
III. Penutup – Membuat rangkuman – Uji kompetensi – Ulangan harian 4 – Ulangan harian 5 – Latihan ulangan umum semester 1 |
10’
250’
100’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran :
VI. Penilaian :
A. Jenis tagihan : Kuis
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas XI
– Buku-buku lain yang relevan
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah