Perangkat Ekonomi SMA Kls.XI

PROGRAM TAHUNAN

 

Satuan Pendidikan  :     SMA PALEMBANG

Kelas/Semester         :     XI IPS/1

Mata Pelajaran          :     Ekonomi

Tahun Ajaran            :     2008- 2009

 

 

Smt

Standar Kompetensi.

Materi Pokok/Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu

Ket

1

 

  1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

 

 

 

 

  1. Memahami APBN dan APBD

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Mengenal Pasar modal.

 

 

 

 

  1. Memahami perekonomian  terbuka
1.1     Mengklasifikasi ketenagakerjaan

1.2     Mendeskripsikan tujuan pembangunan

1.3     Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi

1.4     Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional

2.1     Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD

2.2     Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah

2.3     Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal

2.4     Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

 

3.1     Mengenal jenis produk dalam bursa efek

3.2     Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek

 

4.1     Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional

4.2     Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan  neraca pembayaran

4.3      Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping

4.4     Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya

24 JP

16 JP

12 JP

20 JP

 

Jumlah

72 JP

 

2

 

  1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa

 

 

 

 

 

 

 

5.1      Mendeskripsikan akuntansi sebagai  sistem informasi

5.2      Menafsirkan persamaan akuntansi

5.3      Mencatat transaksi berdasarkan  mekanisme debit dan kredit

5.4      Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum

5.5      Melakukan posting dari jurnal ke buku besar

5.6      Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa

5.7      Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa

16 JP

16 JP

 

 

16 JP

 

Jumlah

48 JP

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

            PROGRAM SEMESTER

 

Mata Pelajaran         :       Ekonomi

Kelas/Semester        :       XI IPS/1

Tahun Ajaran           :       2008 – 2009

 

 

No.

Materi Pokok/Kompetensi Dasar

Jml

Jam

Bulan

Ket.

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

Januari

1

2

3

4

1

2

3

4

5

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

5

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

1

.

  1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

1.1    Mengklasifikasi ketenagakerjaan

1.2    Mendeskripsikan tujuan pembanguna

1.3    Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi

1.4    Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional

28

X

x

x

x

x

x

x

persiapan penerimaan rapor

  1. Memahami APBN dan APBD

2.1    Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD

2.2    Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah

2.3    Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal

2.4    Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

 

 

26

x

x

x

x

x

  1.  Mengenal Pasar modal.

3.1   Mengenal jenis produk dalam bursa efek

3.2   Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek

 

10

 

x

x

x

  1. Memahami perekonomian terbuka

4.1   Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional

4.2   Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan  neraca pembayaran

4.3   Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping

4.4   Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya

16

x

x

x

x

Latihan Ulangan Umum Smt

 

Jumlah

72

 

Keterangan:

 

 

:

Kegiatan tengah semester  

:

Libur semester 1  

:

Ulangan umum
 

:

Latihan ulangan umum semester 1  

:

Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri  

semester 1

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RINCIAN MINGGU EFEKTIF

 

Satuan Pendidikan    :               SMA PALEMBANG

Kelas/Semester      :   XI IPS/1

Mata Pelajaran       :   Ekonomi

Tahun Ajaran         :   2008 – 2009

  1. Jumlah minggu dalam semester 1

No.

Bulan

Jumlah Minggu

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

Januari

2

5

4

4

5

4

4

 

Total

28

 

  1. Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1

No.

Kegiatan

Jumlah Minggu

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Kegiatan tengah semester

Libur bersama bulan Ramadan dan sesudah hari raya Idul Fitri

Latihan ulangan umum semester 1

Ulangan umum semester 1

Persiapan penerimaan rapor

Libur semester 1

1

4

1

1

1

2

 

Total

10

 

  1. Jumlah minggu efektif dalam semester 1

Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1

= 28 minggu – 10 minggu

= 18 minggu efektif

 

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN SILABUS

 

Satuan Pendidikan         :   SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                :   Ekonomi

Standar Kompetensi      :   Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

Kelas/Semester               :   XI IPS/1

Tahun Ajaran                  :   2008 – 2009

 

 

Kompetensi Dasar/Materi Pokok

Materi Pelajaran

Strategi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Sumber Bahan

Metode

Pengalaman Belajar

1.1  Mengklasifikasi ketenaga-kerjaan

1.2  Mendeskripsikan tujuan pembangun

1.3  Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi

1.4  Mendeskripsikan pengang-guran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional

  1. Angkatan kerja merupakan penduduk usia kerja yang mencakup penduduk yang sudah bekerja dan yang sedang mencari pekerjaan.
  2. Tenaga kerja merupakan jumlah keseluruhan penduduk suatu negara yang berusia 10-64 tahun yang mampu memproduksi barang dan jasa jika permintaan terhadap tenaga kerja dan jika mereka mau berpartisipasi dalam kegiatan produksi.
  3. Tenaga kerja terdiri dari: angkatan kerja, bukan angkatan kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran.
  4. Upaya peningkatan kualitas kerja dengan: on the job training dan off the job training.
  5. Sistem upah: penghitungan upah, bentuk kompensasi pekerja, fasilitas dan tunjangan pekerja.
  6. Jenis-jenis pengangguran: pengangguran normal, terselubung, dan terbuka.
  7. Jenis-jenis pengangguran: pengangguran musiman, friksional, konjungtural, struktural, suka rela, deflasioner, dan teknologi.
  8. Dampak pengangguran: menurunnya pendapatan nasional, kemampuan ekspor masyarakat menurun, turunnya pendapatan per kapita, dll.
  9. Cara mengatasi pengangguran: proyek padat karya, meningkatkan daya beli masyarakat, menarik investor baru, pelatihan keterampilan masyarakat, dll.
  10. Pembangunan ekonomi adalah proses meningkatkan PNB (Produk Nasional Bruto) sekaligus meningkatkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara melalui pertumbuhan ekonomi.
  11. Faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi: Sumber Daya Alam, sumber daya modal, jumlah penduduk dan kualitas penduduk, sistem sosial dan masyarakat, pangsa pasar.
  12. Tujuan pembangunan ekonomi adalah mewujudkan masyarakat adil makmur, yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI.
  13. Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan output per kapita dalam jangka panjang.
  14. Indikator pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari: pendapatan nasional riil, pendapatan perkapita riil, dan produktivitas per kapita.
  15. Dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi: dampak ekonomi, sosial, dan individu dan keluarga.
–  Ceramah

–  Tanya jawab

–  Diskusi

–   Penugasan

Memahami segala sesuatu tentang ketenagaker-jaan dan masalah ekonomi.

 

10 x pertemuan

–  Buku paket Ekonomi XI

–  Buku-buku lain yang relevan

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Satuan Pendidikan                :   SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                       :   Ekonomi

Materi Pokok                          :   Pendapatan Nasional

Standar Kompetensi             :   Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

Kelas/Semester                      :   XI IPS/1

Tahun Ajaran                         :   2008 – 2009

 

Kompetensi Dasar

Materi  Pelajaran

Teknik Penilaian

Ranah Penilaian

Ket.

Jenis Tagihan

Bentuk Tagihan

Instrumen

K

P

A

 
  1. Mengklasifikasi ketenagakerjaan
  2. Mendeskripsikan tujuan pembangun
  3. Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi
  4. Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional
    1. Angkatan kerja merupakan jumlah penduduk usia kerja yang mencakup penduduk yang sudah bekerja dan yang sedang mencari pekerjaan.
    2. Tenaga kerja merupakan jumlah seluruh penduduk suatu negara yang berusia 10-64 tahun yang mampu memproduksi barang dan jasa jika permintaan terhadap tenaga kerja dan jika mereka mau berpartisipasi dalam kegiatan produksi.
    3. Tenaga kerja terdiri atas: angkatan kerja, bukan angkatan kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran.
    4. Upaya peningkatan kualitas kerja dengan: on the job training dan off the job training.
    5. Sistem upah: penghitungan upah, bentuk kompensasi pekerja, fasilitas dan tunjangan pekerja.
    6. Jenis-jenis pengangguran: pengangguran normal, terselubung, dan terbuka.
    7. Jenis-jenis pengangguran: pengangguran musiman, friksional, konjungtural, struktural, suka rela, deflasioner, dan teknologi.
    8. Dampak pengangguran: menurunnya pendapatan nasional, kemampuan ekspor masyarakat menurun, turunnya pendapatan per kapita, dll.
    9. Cara mengatasi pengangguran: proyek padat karya, meningkatkan daya beli masyarakat, menarik investor baru, pelatihan keterampilan masyarakat, dll.
    10. Pembangunan ekonomi adalah proses meningkatkan PNB (Produk Nasional Bruto) sekaligus meningkatkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara melalui pertumbuhan ekonomi.
    11. Faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi: Sumber Daya Alam, sumber daya modal, jumlah penduduk dan kualitas penduduk, sistem sosial dan masyarakat, pangsa pasar.
    12. Tujuan pembangunan ekonomi adalah mewujudkan masyarakat adil makmur, yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI.
    13. Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan output per kapita dalam jangka panjang.
    14. Indikator pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari: pendapatan nasional riil, pendapatan perkapita riil, dan produktivitas per kapita.
    15. Dampak pengangguran trhadap pembah\ngunan ekonomi: dampak ekonomi, sosial, dan individu dan keluarga.
Kuis –   Pilihan ganda

–   Uraian

  1. Seorang pegawai negeri yang telah menerima pensiun dan berusia 57 tahun menurut Biro  Pusat Statistik termasuk…
    1. tenaga kerja
    2. angkatan kerja
    3. penduduk di luar usia kerja

d. penduduk di atas usia kerja

  1. setengan di atas usia kerja

 

  1. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi!

 

  1. Jelaskan arti angka ketergantungan dan tuliskan rumusnya!
 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

 

 

Ö

   

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                :   SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                       :   Ekonomi

Kelas/Semester                      :   XI IPS/1

Materi Pokok                          :   Ketenagakerjaan

Metode                                   :   Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan

Pertemuan                              :   1 s.d. 10

 

I.      Standar Kompetensi         :  Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi

II.     Kompetensi Dasar             :

1.1  Mengklasifikasi ketenagakerjaan

1.2  Mendeskripsikan tujuan pembangun

1.3  Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi

1.4  Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional

III.    Materi Pembelajaran          :

  1. Angkatan kerja adalah jumlah penduduk usia kerja yang mencakup penduduk yang sudah bekerja dan yang sedang mencari pekerjaan.
  2. Tenaga kerja adalah jumlah seluruh penduduk suatu negara yang berusia 10-64 tahun yang mampu memproduksi barang dan jasa jika permintaan terhadap tenaga kerja dan jika mereka mau berpartisipasi dalam kegiatan produksi.
  3. Tenaga kerja terdiri dari: angkatan kerja, bukan angkatan kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran.
  4. Upaya peningkatan kualitas kerja dengan: on the job training dan off the job training.
  5. Sistem upah: penghitungan upah, bentuk kompensasi pekerja, fasilitas dan tunjangan pekerja.
  6. Jenis-jenis pengangguran: pengangguran normal, terselubung, dan terbuka.
  7. Jenis-jenis pengangguran: pengangguran musiman, friksional, konjungtural, struktural, suka rela, deflasioner, dan teknologi.
  8. Dampak pengangguran: menurunnya pendapatan nasional, kemampuan ekspor masyarakat menurun, turunnya pendapatan per kapita, dll.
  9. Cara mengatasi pengangguran: proyek padat karya, meningkatkan daya beli masyarakat, menarik investor baru, pelatihan keterampilan masyarakat, dll.
  10. Pembangunan ekonomi adalah proses meningkatkan PNB (Produk Nasional Bruto) sekaligus meningkatkan pendapatan per kapita penduduk suatu negara melalui pertumbuhan ekonomi.
  11. Faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi: Sumber Daya Alam, sumber daya modal, jumlah penduduk dan kualitas penduduk, sistem sosial dan masyarakat, pangsa pasar.
  12. Tujuan pembangunan ekonomi adalah mewujudkan masyarakat adil makmur, yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI.
  13. Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan output per kapita dalam jangka panjang.
  14. Indikator pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari: pendapatan nasional riil, pendapatan perkapita riil, dan produktivitas per kapita.
  15. Dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi: dampak ekonomi, sosial, dan individu dan keluarga.

 

 

 

 

IV.    Strategi Pembelajaran       :

Kegiatan

Waktu

Aspek  Life Skill yang Dikembangkan

I.    Pendahuluan

Motivasi      :   Pentingnya mempelajari masalah-masalah ketenagakerjaan.

Prasyarat    :   Siswa telah mempelajari materi kelas X

II.   Kegiatan Inti

Guru            :   –   Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang ketenagakerjaan, pengangguran, pembangunan ekonomi, menghitung laju pertumbuhan ekonomi, dan dampak pengangguran.

–   Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas

Siswa          :   –   Menyimak apa yang diterangkan guru dengan baik

–   Menanyakan hal-hal yang belum jelas dan menyampaikan pendapat tentang materi ayng diberikan guru.

III.  Penutup

–   Membuat rangkuman

–   Uji kompetensi dan ulangan harian I

30’

320’

100’

Personal dan akademik

Personal dan akademik

Personal dan akademik

 

V.     Media Pembelajaran  :

VI.    Penilaian                    :

A.     Jenis tagihan     :   Kuis

B.     Tindak lanjut      :   –   Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih

–   Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%

–   Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%

VII.   Sumber Bacaan          :   –   Buku paket Ekonomi kelas XI

–   Buku-buku lain yang relevan

 

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN SILABUS

 

Satuan Pendidikan           :  SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                   :  Ekonomi

Standar Kompetensi         :  Memahami APBN dan APBD

Kelas/Semester                  :  XI IPS/1

Tahun Ajaran                     :  2008 – 2009

 

 

Kompetensi Dasar//Materi Pokok

Materi Pelajaran

Strategi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Sumber Bahan

Metode

Pengalaman Belajar

  1. Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD
  2. Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah
  3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal
  4. Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

 

  1. APBN adalah suatu daftar atau penjelasan terinci mengenai penerimaan dan pengeluaran negara untuk jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun.
  2. Tujuan dibuatnya APBN adalah untuk mengatur penerimaan dan pembelanjaan negara agar pemanfaatan keuangan neegara dapat mencapai sasaran dan sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran negara dalam melaksanakan kegiatan kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  3. Prinsip penyusunan APBN: berdasarkan aspek pendapatan negara, berdasarkan aspek pengeluaran negara.
  4. Aspek penyusunan APBN: kemandirian, penghematan dan peningkatan efisiensi dan produktivitas, penajaman prioritas pembangunan.
  5. Cara penyusunan APBN: pemerintah menyusun APBN kemudian diajukan ke DPR untuk dibahas. DPR membahas RAPBN dengan tujuan menerima atau tidak, jika diterima, RAPBN akan disahkan menjadi APBN dan disampaikan kepada pemerintah untuk dilaksanakan, jika ditolak, pemerintah  harus menggunakan APBN sebelumnya.
  6. Sumber-sumber pendapatan negara: penerimaan dalam negeri ( penerimaan perpajakan, penerimaan bukan pajak), hibah.
  7. APBD adalah suatu daftar yang memuat perincian sumber-sumber pendapatan daerah dan macam-macam pengeluaran daerah dalam waktu satu tahun.
  8. Tujuan APBD adalah sebagai pedoman pendapatan dan belanja dalam malaksanakan kegiatan pemerintah daerah.
  9. Fungsi APBD: fungsi otorisasi, perencanaa, pengawasan, alokasi, distribusi.
  10. Sumber-sumber pendapatan daerah: pendapatan asli daerah, dana pertimbangan, lain-lain pendapatan.
  11. Dampak APBD terhadap perekonomian: APBD merupakan pedoman bagi kegiatan pembangunan ekonomi daerah, dapat digunakan sebagai alat perbaikan ekonomi, dapat mempengaruhi perubahan harga di daerah, dll.
  12. Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam mengelola  keuangan negara (penerimaan dan pengeluaran) sedemikian rupa sehingga dapat memengaruhi perekonomian nasional  seperti produksi, konsumsi, investasi, dll.
  13. Jenis-jenis kebijakan fiskal: pengaturan pengeluaran pemerintah, peningkatan tarif pajak, dan pemberlakuan pinjaman pemerintah.
  14. Pajak adalah iuran wajib yang dibayarkan oleh wajib pajak kepada negara berdasarkan undang-undang untuk membiayai pengeluaran kolektif dan meningkatkan kesejahteraan umum dengan balas jas tidak diberikan secara langsung.
  15. Fungsi utama pajak: fungsi anggaran, pembiayaan, pertumbuhan ekonomi, stabilisasi, dan redistribusi pendapatan.
  16. Jenis-jenis pajak: PPh, PPN, PPn, cukai tambahan, pita rokok, pajak tontonan.
  17. Syarat-syarat pemungutan pajak: harus adil, sederhana, jelas dan tertentu, efisien.
  18. Asas-asas pemungutan pajak: asas domisili, sumber, dan kebangsaan.
  19. Sistem pemungutan pajak: official assesment sistem, self assesment sistem,  dan with holding sistem.
  20. Sistem penetapan tarif pajak: sistem proporsional, progresif, degresif, dan regresif.
  21. Pungutan resmi lainnya: retribusi, iuran, sumbangan.
  22. Kebijakan anggaran adalah semua kebijakan yang dilakukan pemerintah dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran negara.
  23. Jenis-jenis kebijakan anggaran: kebijakan anggaran surplus, defisit, seimbang, dan berimbang dinamis.
–  Ceramah

–  Tanya jawab

–  Diskusi

– Penugasan

Mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan APBN dan APBD

 

17 x pertemuan

 

–      Buku paket Ekonomi XI

–      Buku-buku lain yang relevan

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Satuan Pendidikan                :   SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                       :   Ekonomi

Materi Pokok                          :   APBN dan APBD

Standar Kompetensi             :   Memahami APBN dan APBD

Kelas/Semester                      :   XI IPS/1

Tahun Ajaran                         :   2008 – 2009

 

Kompetensi Dasar

Materi  Pelajaran

Teknik Penilaian

Ranah Penilaian

Ket.

Jenis Tagihan

Bentuk Tagihan

Instrumen

K

P

A

  1. Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD
  2. Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah
  3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal
  4. Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

 

  1. APBN adalah suatu daftar atau penjelasan terinci mengenai penerimaan dan pengeluaran negara untuk jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun.
  2. Tujuan dibuatnya APBN adalah untuk mengatur penerimaan dan pembelanjaan negara agar pemanfaatan keuangan neegara dapat mencapai sasaran dan sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran negara dalam melaksanakan kegiatan kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  3. Prinsip penyusunan APBN: berdasarkan aspek pendapatan negara, berdasarkan aspek pengeluaran negara.
  4. Aspek penyusunan APBN: kemandirian, penghematan dan peningkatan efisiensi dan produktivitas, penajaman prioritas pembangunan.
  5. Cara penyusunan APBN: pemerintah menyusun APBN kemudian diajukan ke DPR untuk dibahas. DPR membahas RAPBN dengan tujuan menerima atau tidak, jika diterima, RAPBN akan disahkan menjadi APBN dan disampaikan kepada pemerintah untuk dilaksanakan, jika ditolak, pemerintah  harus menggunakan APBN sebelumnya.
  6. Sumber-sumber pendapatan negara: penerimaan dalam negeri ( penerimaan perpajakan, penerimaan bukan pajak), hibah.
  7. APBD adalah suatu daftar yang memuat perincian sumber-sumber pendapatan daerah dan macam-macam pengeluaran daerah dalam waktu satu tahun.
  8. Tujuan APBD adalah sebagai pedoman pendapatan dan belanja dalam malaksanakan kegiatan pemerintah daerah.
  9. Fungsi APBD: fungsi otorisasi, perencanaa, pengawasan, alokasi, distribusi.
  10. Sumber-sumber pendapatan daerah: pendapatan asli daerah, dana pertimbangan, lain-lain pendapatan.
  11. Dampak APBD terhadap perekonomian: APBD merupakan pedoman bagi kegiatan pembangunan ekonomi daerah, dapat digunakan sebagai alat perbaikan ekonomi, dapat mempengaruhi perubahan harga di daerah, dll.
  12. Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam mengelola  keuangan negara (penerimaan dan pengeluaran) sedemikian rupa sehingga dapat memengaruhi perekonomian nasional  seperti produksi, konsumsi, investasi, dll.
  13. Jenis-jenis kebijakan fiskal: pengaturan pengeluaran pemerintah, peningkatan tarif pajak, dan pemberlakuan pinjaman pemerintah.
  14. Pajak adalah iuran wajib yang dibayarkan oleh wajib pajak kepada negara berdasarkan undang-undang untuk membiayai pengeluaran kolektif dan meningkatkan kesejahteraan umum dengan balas jas tidak diberikan secara langsung.
  15. Fungsi utama pajak: fungsi anggaran, pembiayaan, pertumbuhan ekonomi, stabilisasi, dan redistribusi pendapatan.
  16. Jenis-jenis pajak: PPh, PPN, PPn, cukai tambahan, pita rokok, pajak tontonan.
  17. Asas-asas pemungutan pajak: asas domisili, sumber, dan kebangsaan.
  18. Sistem pemungutan pajak: official assesment sistem, self assesment sistem,  dan with holding sistem.
  19. Sistem penetapan tarif pajak: sistem proporsional, progresif, degresif, dan regresif.
  20. Kebijakan anggaran adalah semua kebijakan yang dilakukan pemerintah dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran negara.
  21. Jenis-jenis kebijakan anggaran: kebijakan anggaran surplus, defisit, seimbang, dan berimbang dinamis.
 

Kuis

 

–  Pilihan ganda

–  Uraian

  1. Sumber penerimaan rutin yang berasal dari pajak tidak langsung adalah…

a. bea masuk

b. pajak penghasilan

c. pajak ekspor

d. pajak penjualan

e. cukai bir

 

  1. Mengapa kebijakan anggaran yang surplus cenderung menimbulkan deflasi?

 

  1. Pak Budi memiliki penghasilan Rp 500.000,00 per bulan dan ia masih bujangan. Hitunglah pajak yang seharusnya dibayar Pak Budi!

Ö

Ö

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ö

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                                      Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                :   SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                       :   Ekonomi

Kelas/Semester                      :   XI IPS/1

Materi Pokok                          :   APBN dan APBD

Metode                                   :   Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan

Pertemuan                              :   11 s.d. 17

 

I. Standar Kompetensi                      :   Memahami APBN dan APBD

 

II. Kompetensi Dasar                          :

2.1  Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD

2.2  Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah

2.3  Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal

2.4  Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah

 

III.                                            Materi Pembelajaran                                  :

  1. APBN adalah suatu daftar atau penjelasan terinci mengenai penerimaan dan pengeluaran negara untuk jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun.
  2. Tujuan dibuatnya APBN adalah untuk mengatur penerimaan dan pembelanjaan negara agar pemanfaatan keuangan neegara dapat mencapai sasaran dan sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran negara dalam melaksanakan kegiatan kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
  3. Prinsip penyusunan APBN: berdasarkan aspek pendapatan negara, berdasarkan aspek pengeluaran negara.
  4. Aspek penyusunan APBN: kemandirian, penghematan dan peningkatan efisiensi dan produktivitas, penajaman prioritas pembangunan.
  5. Cara penyusunan APBN: pemerintah menyusun APBN kemudian diajukan ke DPR untuk dibahas. DPR membahas RAPBN dengan tujuan menerima atau tidak, jika diterima, RAPBN akan disahkan menjadi APBN dan disampaikan kepada pemerintah untuk dilaksanakan, jika ditolak, pemerintah  harus menggunakan APBN sebelumnya.
  6. Sumber-sumber pendapatan negara: penerimaan dalam negeri ( penerimaan perpajakan, penerimaan bukan pajak), hibah.
  7. APBD adalah suatu daftar yang memuat perincian sumber-sumber pendapatan daerah dan macam-macam pengeluaran daerah dalam waktu satu tahun.
  8. Tujuan APBD adalah sebagai pedoman pendapatan dan belanja dalam malaksanakan kegiatan pemerintah daerah.
  9. Fungsi APBD: fungsi otorisasi, perencanaa, pengawasan, alokasi, distribusi.

10. Sumber-sumber pendapatan daerah: pendapatan asli daerah, dana pertimbangan, lain-lain pendapatan.

11. Dampak APBD terhadap perekonomian: APBD merupakan pedoman bagi kegiatan pembangunan ekonomi daerah, dapat digunakan sebagai alat perbaikan ekonomi, dapat mempengaruhi perubahan harga di daerah, dll.

12. Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam mengelola  keuangan negara (penerimaan dan pengeluaran) sedemikian rupa sehingga dapat memengaruhi perekonomian nasional  seperti produksi, konsumsi, investasi, dll.

13. Jenis-jenis kebijakan fiskal: pengaturan pengeluaran pemerintah, peningkatan tarif pajak, dan pemberlakuan pinjaman pemerintah.

14. Pajak adalah iuran wajib yang dibayarkan oleh wajib pajak kepada negara berdasarkan undang-undang untuk membiayai pengeluaran kolektif dan meningkatkan kesejahteraan umum dengan balas jas tidak diberikan secara langsung.

15. Fungsi utama pajak: fungsi anggaran, pembiayaan, pertumbuhan ekonomi, stabilisasi, dan redistribusi pendapatan.

16. Jenis-jenis pajak: PPh, PPN, PPn, cukai tambahan, pita rokok, pajak tontonan.

17. Asas-asas pemungutan pajak: asas domisili, sumber, dan kebangsaan.

18. Sistem pemungutan pajak: official assesment sistem, self assesment sistem,  dan with holding sistem.

19. Sistem penetapan tarif pajak: sistem proporsional, progresif, degresif, dan regresif.

20. Kebijakan anggaran adalah semua kebijakan yang dilakukan pemerintah dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran negara.

21. Jenis-jenis kebijakan anggaran: kebijakan anggaran surplus, defisit, seimbang, dan berimbang dinamis.

 

IV.    Strategi Pembelajaran       :

Kegiatan

Waktu

Aspek  Life Skill yang Dikembangkan

I.    Pendahuluan

Motivasi      :   Pentingnya mengetahui APBN, APBD, kebijakan fiskal, perpajakan, cara menghitung pajak, dan mengetahui kebijakan anggaran.

Prasyarat    :   Siswa telah mempelajari tentang ketenagakerjaan

 

 

II.   Kegiatan Inti

Guru            :   –   Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang APBN, APBD, kebijakan fiskal, perpajakan, cara menghitung pajak, dan mengetahui kebijakan anggaran.

–   Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas

 

Siswa          :   –   Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik

–   Menanyakan hal-hal yang belum jelas dan menyampaikan pendapat tentang materi yang disampaikan guru.

 

III.  Penutup

–   Membuat rangkuman

–   Uji kompetensi

–   Ulangan harian

25’

200’

90’

Personal dan akademik

Personal dan akademik

Personal dan akademik

 

V.     Media Pembelajaran  :

VI.    Penilaian                    :

A.     Jenis tagihan     :   Kuis

B.     Tindak lanjut      :   –   Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih

–   Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%

–   Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%

VII.   Sumber Bacaan          :   –   Buku paket Ekonomi kelas XI

–   Buku-buku lain yang relevan

 

 

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN SILABUS

 

Satuan Pendidikan  :  SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran          :  Ekonomi

Standar Kompetensi   :      Mengenai pasar modal

Kelas/Semester         :  XI IPS/1

Tahun Ajaran            : 2008 – 2009

 

 

Kompetensi Dasar/Materi Pokok

Materi Pelajaran

Strategi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Sumber Bahan

Metode

Pengalaman Belajar

  1. Mengenal jenis produk dalam bursa efek
  2. Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.
    1. Pasar modal adalah tempat bertemunya antara pemilik modal dan yang membutuhkan modal.
    2. Para pelaku pasar modal: emiten, perusahaan efek, perusahaan publik, dan reksadana.
    3. Fungsi pasar modal: memperluas sumber dana jangka panjang untukpembiayaan perusahaan, mempermudah pengurangan surat-surat berharga/efek, meningkatkan peredaran surat-surat berharga, dll.
    4. Manfaat pasar modal berefek pada: investor, emiten, pemerintah, dan lembaga penunjang.
    5. Jenis-jenis produk dalam bursa efek: saham (saham biasa, saham preferen), scriptless trading, warrant, rights, obligasi, reksadana, indeks berjangka.
    6. Pasar uang adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran pinjaman modal jangka pendek. contoh: bank, koperasi, lembaga keuangan lainnya.
    7. Ciri-ciri pasar uang: jangka waktu dana yang pendek, tidak terikat pada tempat tertentu, permintaan dan penawaran bertemu secara langsung.
    8. Jenis komoditi dalam pasar uang: pinjaman sewaktu-waktu, kertas-kertas perbendaharaan negara, sertifikat bank, wesel, dll.
    9. Fungsi pasar uang: memperluas sumber pembiayaan bagi perusahaan, sebagai tempat penghimpundana jangka pendek, dll.
    10.  Manfat pasar uang: terpenuhinya kebutuhan dana jangka pendek bagi badan usaha yang memerlukan biaya, tersalurnya dana para penabung swasta dan badan usaha yang ingin membungakan modalnya.
–  Ceramah

–  Tanya jawab

–  Diskusi

–  Penugasan

Memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan pasar modal dan perekonomian.

 

24 ´ 45 menit

–  Buku paket Ekonomi XI

–  Buku-buku lain yang relevan

 

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Satuan Pendidikan                :   SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                       :   Ekonomi

Materi Pokok                          :   Pasar Modal

Standar Kompetensi             :   Mengenai pasar modal

Kelas/Semester                      :   XI IPS/1

Tahun Ajaran                         :   2008 – 2009

 

Kompetensi Dasar

Materi  Pelajaran

Teknik Penilaian

Ranah Penilaian

Ket.

Jenis Tagihan

Bentuk Tagihan

Instrumen

K

P

A

  1. Mengenai jenis produk dalam bursa efek

 

  1. Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.
    1. Pasar modal adalah tempat bertemunya antara pemilik dan pihak yang membutuhkan dana.
    2. Para pelaku pasar modal: emiten, perusahaan efek, perusahaan publik, dan reksadana.
    3. Fungsi pasar modal: memperluas sumber dana jangka panjang untukpembiayaan perusahaan, mempermudah pengurangan surat-surat berharga/efek, meningkatkan peredaran surat-surat berharga, dll.
    4. Manfaat pasar modal berefek pada: investor, emiten, pemerintah, dan lembaga penunjang.
    5. Jenis-jenis produk dalam bursa efek: saham (saham biasa, saham preferen), scriptless trading, warrant, rights, obligasi, reksadana, indeks berjangka.
    6. Pasar uang adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran pinjaman modal jangka pendek. contoh: bank, koperasi, lembaga keuangan lainnya.
    7. Ciri-ciri pasar uang: jangka waktu dana yang pendek, tidak terikat pada tempat tertentu, permintaan dan penawaran bertemu secara langsung.
    8. Jenis komoditi dalam pasar uang: pinjaman sewaktu-waktu, kertas-kertas perbendaharaan negara, sertifikat bank, wesel, dll.
    9. Fungsi pasar uang: memperluas sumber pembiayaan bagi perusahaan, sebagai tempat penghimpundana jangka pendek, dll.
    10.  Manfat pasar uang: terpenuhinya kebutuhan dana jangka pendek bagi badan usaha yang memerlukan biaya, tersalurnya dana para penabung swasta dan badan usaha yang ingin membungakan modalnya.
 

Kuis

Pilihan ganda

 

 

Uraian

  1. Salah satu manfaat pasar uang bagi para produsen adalah…
    1. meningkatkan omzet penjualan
    2. meningkatkan laba/keuntungan
    3. menjaga kelancaran kegiatan usahanya
    4. dapat melunasi utangnya
    5. mendapatkan pinjaman modal yang banyak

 

  1. Sebutkan hak-hak yang dimiliki pemilik saham!

 

  1. Jelaskan perbedaan primary market dan secondary market!

 

Ö

Ö

Ö

 

 

 

 

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan               :  SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                      :  Ekonomi

Kelas/Semester                     :  XI IPS/1

Materi Pokok                         :  Pasar Modal

Metode                                   :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan

Pertemuan                             :  18 s.d. 22

 

I.      Standar Kompetensi         :  Mengenai pasar modal

 

II.     Kompetensi Dasar             :

  1. Mengenai jenis produk dalam bursa efek
  2. Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.

 

III.    Materi Pembelajaran          :

  1. Pasar modal adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran kredit jangka panjang.
  2. Para pelaku pasar modal: emiten, perusahaan efek, perusahaan publik, dan reksadana.
  3. Fungsi pasar modal: memperluas sumber dana jangka panjang untukpembiayaan perusahaan, mempermudah pengurangan surat-surat berharga/efek, meningkatkan peredaran surat-surat berharga, dll.
  4. Manfaat pasar modal berefek pada: investor, emiten, pemerintah, dan lembaga penunjang.
  5. Jenis-jenis produk dalam bursa efek: saham (saham biasa, saham preferen), scriptless trading, warrant, rights, obligasi, reksadana, indeks berjangka.
  6. Pasar uang adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran pinjaman modal jangka pendek. contoh: bank, koperasi, lembaga keuangan lainnya.
  7. Ciri-ciri pasar uang: jangka waktu dana yang pendek, tidak terikat pada tempat tertentu, permintaan dan penawaran bertemu secara langsung.
  8. Jenis komoditi dalam pasar uang: pinjaman sewaktu-waktu, kertas-kertas perbendaharaan negara, sertifikat bank, wesel, dll.
  9. Fungsi pasar uang: memperluas sumber pembiayaan bagi perusahaan, sebagai tempat penghimpundana jangka pendek, dll.

10. Manfat pasar uang: terpenuhinya kebutuhan dana jangka pendek bagi badan usaha yang memerlukan biaya, tersalurnya dana para penabung swasta dan badan usaha yang ingin membungakan modalnya.

 

IV.    Strategi Pembelajaran       :

Kegiatan

Waktu

Aspek  Life Skill yang Dikembangkan

I.    Pendahuluan

Motivasi      :   Memotivasi siswa agar dapat mengetahui pengertian pasar modal, pasar uang dan fungsinya dalam suatu perekonomian negara

Prasyarat    :   Siswa telah mempelajari materi APBN dan APBD

 

II.   Kegiatan Inti

Guru            :   –   Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang pengertian pasar modal, masar uang, manfaat pasar modal, pasar uang, serta fungsinya dalam perekonomian negara.

–   Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas

 

Siswa          :   –   Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik

–   Menanyakan hal-hal yang belum jelas dan menyampaikan pendapat tentang materi yang disampaikan guru.

 

III.  Penutup

–   Membuat rangkuman,

–   Uji kompetensi, &

–   Ulangan harian 3

10’

125’

90’

Personal dan akademik

Personal dan akademik

Personal dan akademik

 

V.     Media Pembelajaran  :

VI.    Penilaian                    :

A.     Jenis tagihan     :   Kuis

B.     Tindak lanjut      :   –   Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih

–   Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%

–   Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%

VII.   Sumber Bacaan          :   –   Buku paket ekonomi kelas XI

–   Buku-buku lain yang relevan

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN SILABUS

 

Satuan Pendidikan     :           SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran            :           Ekonomi

Standar Kompetensi  :           Memahami perekonomian terbuka

Kelas/Semester           :           XI IPS/1

Tahun Ajaran              :           2008 – 2009

 

Kompetensi Dasar/Materi Pokok

Materi Pelajaran

Strategi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Sumber Bahan

Metode

Pengalaman Belajar

  1. Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
  2. Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan  neraca pembayaran
  3. Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping
  4. Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya
  5. Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa antara dua negara di pasar dunia atau global dengan cara melakukan ekspor atau impor.
  6. Manfaat perdagangan internasional: menambah devisa negara, menambah kesempatan kerja, terjadinya alih teknologi, dll.
  7. Teori perdagangan internasional: teori keuntungan mutlak (absolutely advantage), teori keuntungan komparatif (comparatif advantage).
  8. Kebijakan perdagangan internasional: kebijakan perdagangan bebas, kebijakan proteksionia.
  9. Kurs valuta asing adalah nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain.
  10. Faktor-faktor penyebab terjadinga perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing: kebijakan pemerintah, mekanisme pasar, sistem kurs yang dipakai, jumlah uang yang beredar.
  11. Sistem kurs valuta asing: sistem kurs tetap, mengambang, dan mengambang terkendali.
  12. Cara menghitung kurs valuta asing, dalam perhitungan, kurs terbagai menjadi dua, yaitu: kurs jual dan kurs beli.
  13. Neraca pembayaran adalah vatatan sistematis mengenai semua transaksi ekonomi  antarpenduduk suatu negara dengan negara lain selama periode tertenu.
10. Komponen-komponen neraca pembayaran: neraca perdagangan/ barang, neraca jasa, neraca modal, neraca lalu lintas moneter.

11. Manfaat neraca pembayaran: memberikan informasi tentang posisi negara yang bersangkutan dalam perdagangan, memberikan keterangan terhadap pemerintah di dalam menetapkan berbagai kebijakan perekonomian nasional.

12. Tujuan neraca pembayaran: untuk mengetahui transaksi luar negeri terhadap pendapatan asional, sebagai alat dari kebijakan moneter yang akan dilaksanakan oleh suatu negara.

13. Beberapa konsep dalam kebijakan proteksionis: tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasiharga, dan dumping.

 

14. Status neraca pembayaran: neraca pembayaran surplus, defisit, dan seimbang.

15. Devisa adalah pendapatan suatu negara dalam bentuk mata uang asing.

16. Jenis devisa: devisa umum, devisa kredit.

17. fungsi devisa: untuk menjaga stabilitas ekonomi suatu negara, mempermudah transaksi jual beli antarnegara.

18. Sumber-sumber devisa: ekspor barang, pungutan bea masuk, bantuan luar negeri.

19. Sistem devisa: sistem standar emas,  kurs mengambang, pengawasan devisa, kurs tambahan.

20. Alat-alat pembayaran internasional: cash payment, open account, commercial bill of exchange, letter of credit (L/C), private competitioan, cek, emas.

–  Ceramah

–  Tanya jawab

–  Diskusi

–            Penugasan

Memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan pasar modal dan perekonomian.

 

8 x pertemuan

–  Buku paket Ekonomi XI

–  Buku-buku lain yang relevan

 

   

 

 

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN

Satuan Pendidikan                :   SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                       :   Ekonomi

Materi Pokok                          :   Perdagangan internasional

Standar Kompetensi             :   Memahami perekonomian terbuka

Kelas/Semester                      :   XI IPS/1

Tahun Ajaran                         :   2008 – 2009

 

Kompetensi Dasar

Materi  Pelajaran

Teknik Penilaian

Ranah Penilaian

Ket.

Jenis Tagihan

Bentuk Tagihan

Instrumen

K

P

A

  1. Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
  2. Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan  neraca pembayaran
  3. Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping
  4. Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya
    1. Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa antara dua negara di pasar dunia atau global dengan jelan melakukan ekspor atau impor.
 

  1. Manfaat perdagangan internasional: menambah devisa negara, menambah kesempatan kerja, terjadinya alih teknologi, dll.

 

  1. Teori perdagangan internasional: teori keuntungan mutlak (absulutely advantage), teori keuntungan komparatif (comparatif advantage).

 

  1. Kebijakan perdagangan inernasional: kebijakan perdagangan bebas, kebijakan proteksionis.

 

  1. Kurs valuta asing adalah nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain.

 

  1. Faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing: kebijakan pemerintah, mekanisme pasar, sistem kurs yang dipakai, jumlah uang yang beredar.

 

  1. Sistem kurs valuta asing: sistem kurs tetap, mengambang, dan mengambang terkendali.

 

  1. Cara menghitung kurs valuta asing, dalam perhitungan, kurs terbagai menjadi dua, yaitu: kurs jual dan kurs beli.

 

  1. Neraca pembayaran adalah vatatan sistematis mengenai semua transaksi ekonomi  antarpenduduk suatu negara dengan negara lain selama periode tertenu.

10. Komponen-komponen neraca pembayaran: neraca perdagangan/ barang, neraca jasa, neraca modal, neraca lalu lintas moneter.

 

11. Manfaat neraca pembayaran: memberikan informasi tentang posisi negara yang bersangkutan dalam perdagangan, memberikan keterangan terhadap pemerintah di dalam menetapkan berbagai kebijakan perekonomian nasional.

 

12. Tujuan neraca pembayaran: untuk mengetahui transaksi luar negeri terhadap pendapatan asional, sebagai alat dari kebijakan moneter yang akan dilaksanakan oleh suatu negara.

 

13. Beberapa konsep dalam kebijakan proteksionis: tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasiharga, dan dumping.

 

14. Status neraca pembayaran: neraca pembayaran surplus, defisit, dan seimbang.

 

15. Devisa adalah pendapatan suatu negara dalam bentuk mata uang asing.

 

16. Jenis devisa: devisa umum, devisa kredit.

 

17. Fungsi devisa: untuk menjaga stabilitas ekonomi suatu negara, mempermudah transaksi jual beli antarnegara.

 

18. Sumber-sumber devisa: ekspor barang, pungutan bea masuk, bantuan luar negeri.

 

19. Sistem devisa: sistem standar emas,  kurs mengambang, pengawasan devisa, kurs tambahan.

20. Alat-alat pembayaran internasional: cash payment, open account, commercial bill of exchange, letter of credit (L/C), private competitioan, cek, emas.

 

Kuis

 

Tugas

Pilihan ganda

 

 

Uraian

  1. Gold eksport point adalah…

 

  1. kurs valuta asing tertinggi yan terjadi dalam sistem standard emas
  2. kurs valuta asing yang terjadi dalam sisten terendah standard emas
  3. kurs valuta asing dalam bentuk emas
  4. kurs valuta emas
  5. kurs valuta yang dibelanjakan emas.

 

 

  1. 2.   Jelaskan menurut Anda tentang private compensation!

 

Ö

Ö

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                :   SMA PALEMBANG

Mata Pelajaran                       :   Ekonomi

Kelas/Semester                      :   XI IPS/1

Materi Pokok                          :   Perdagangan Internasional

Metode                                   :   Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan

Pertemuan                              :   23 s.d. 30

 

 

I.      Standar Kompetensi         :  Memahami perekonomian terbuka

II.     Kompetensi Dasar             :

  1. Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
  2. Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan  neraca pembayaran
  3. Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping
  4. Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penggunaannya

 

III.    Materi Pembelajaran          :

  1. Perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa antara dua negara di pasar dunia atau global dengan jelan melakukan ekspor atau impor.
  2. Manfaat perdagangan internasional: menambah devisa negara, menambah kesempatan kerja, terjadinya alih teknologi, dll.
  3. Teori perdagangan internasional: teori keuntungan mutlak (absolutely advantage), teori keuntungan komparatif (comparatif advantage).
  4. Kebijakan perdagangan inernasional: kebijakan perdagangan bebas, kebijakan proteksionis.
  5. Kurs valuta asing adalah nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain.
  6. Faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing: kebijakan pemerintah, mekanisme pasar, sistem kurs yang dipakai, jumlah uang yang beredar.
  7. Sistem kurs valuta asing: sistem kurs tetap, mengambang, dan mengambang terkendali.
  8. Cara menghitung kurs valuta asing, dalam perhitungan, kurs terbagai menjadi dua, yaitu: kurs jual dan kurs beli.
  9. Neraca pembayaran adalah vatatan sistematis mengenai semua transaksi ekonomi antarpenduduk suatu negara dengan negara lain selama periode tertenu.
  10. Komponen-komponen neraca pembayaran: neraca perdagangan/ barang, neraca jasa, neraca modal, neraca lalu lintas moneter.
  11. Manfaat neraca pembayaran: memberikan informasi tentang posisi negara yang bersangkutan dalam perdagangan, memberikan keterangan terhadap pemerintah di dalam menetapkan berbagai kebijakan perekonomian nasional.
  12. Tujuan neraca pembayaran: untuk mengetahui transaksi luar negeri terhadap pendapatan nasional, sebagai

alat dari kebijakan moneter yang akan dilaksanakan oleh suatu negara.

  1. Beberapa konsep dalam kebijakan proteksionis: tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasiharga, dan dumping.
  2. Status neraca pembayaran: neraca pembayaran surplus, defisit, dan seimbang.
  3. Devisa adalah pendapatan suatu negara dalam bentuk mata uang asing.
  4. Jenis devisa: devisa umum, devisa kredit.
  5. Fungsi devisa: untuk menjaga stabilitas ekonomi suatu negara, mempermudah transaksi jual beli antarnegara.
  6. Sumber-sumber devisa: ekspor barang, pungutan bea masuk, bantuan luar negeri.
  7. Sistem devisa: sistem standar emas,  kurs mengambang, pengawasan devisa, kurs tambahan.
  8. Alat-alat pembayaran internasional: cash payment, open account, commercial bill of exchange, letter of credit (L/C), private competition, cek, emas.

 

IV.    Strategi Pembelajaran       :

Kegiatan

Waktu

Aspek  Life Skill yang Dikembangkan

I.    Pendahuluan

Motivasi      :   Memotivasi siswa agar dapat memahami tentang perdagangan internasional

Prasyarat    :   Siswa telah mempelajari materi tentang pasar modal

 

II.   Kegiatan Inti

Guru            :   –   Memberikan informasi dan me-nyampaikan penjelasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan perdagangan internasional: manfaat, keuntungan, dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional, devisa, kurs, dll.

 

–  Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas

 

Siswa          :   –   Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik

–   Menanyakan hal-hal yang belum jelas

 

III.  Penutup

–   Membuat rangkuman

–   Uji kompetensi

–   Ulangan harian 4

–   Ulangan harian 5

–   Latihan ulangan umum semester 1

10’

250’

100’

Personal dan akademik

Personal dan akademik

Personal dan akademik

 

V.     Media Pembelajaran  :

VI.    Penilaian                    :

A.     Jenis tagihan     :   Kuis

B.     Tindak Lanjut     :   –   Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih

–   Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%

–   Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%

VII.   Sumber Bacaan          :   –   Buku paket Ekonomi kelas XI

–   Buku-buku lain yang relevan

 

 

 

 

 

Palembang,   Juli 2008

Mengetahui,

Guru Mata Pelajaran                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar