PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMA HARAPAN KITA PALEMBANG
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Ekonomi
Tahun Ajaran : 2008/2009
Semester |
Standar Kompetensi |
Materi Pokok/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
1 |
|
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi 1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi |
8 JP
|
|
|
|
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2.2 Mendeskripsikan Circular Flow Diagram 2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen |
12JP |
|
|
3 Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar | 3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang 3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
16 JP
|
|
Total |
36 JP |
|||
Semester 2 |
|
4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro
4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi |
|
|
|
|
5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional 5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain 5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi |
|
|
|
|
6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi |
|
|
|
|
6.3 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang
6.4 Membedakan peran bank umum dan bank sentral 6.5 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter |
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
………………………… ………….
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan : SMA HARAPAN KITA PALEMBANG/MA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
No. |
Materi Pokok/Kompetensi Dasar |
Jml Jam |
Bulan |
Ket. |
|||||||||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
Januari |
|||||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
17 |
18 |
19 |
20 |
21 |
22 |
23 |
24 |
25 |
26 |
27 |
28 |
29 |
30 |
31 |
32 |
33 |
34 |
1. |
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
2.1 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas 3.1 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi 4.1 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain 5.1 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi |
8 |
|
|
x |
x |
x |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Persiapan penerimaan rapor |
|
|
|
|
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2.2 Mendeskripsikan Circular Flow Diagram 2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen |
|
|
|
|
|
|
|
X |
x |
x |
x |
x |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang 3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x |
x |
x |
x |
x |
x |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
´ |
´ |
´ |
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
Jumlah |
36 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
: |
Kegiatan tengah semester |
: |
Libur semester 1 |
: |
Ulangan umum semester 1 | |||
: |
Latihan ulangan umum semester 1 |
: |
Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri |
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
……………………….. …………………
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Satuan Pendidikan : SMA KITA PALEMBANG
Kelas/Semester : XI/1
Mata Pelajaran : Ekonomi
Tahun Ajaran : 2008/2009
- Jumlah Minggu dalam Semester 1
No. |
Bulan |
Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. |
Juli
Agustus September Oktober November Desember Januari |
2 5 4 4 5 4 4 |
Total |
28 |
- Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
No. |
Kegiatan |
Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
Kegiatan tengah semester
Libur bersama bulan Ramadan dan sesudah hari raya Idul Fitri Latihan ulangan umum semester 1 Ulangan umum semester 1 Persiapan penerimaan rapor Libur semester 1 |
1 4 1 1 1 2 |
Total |
10 |
- Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 28 minggu – 10 minggu
= 18 minggu efektif
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
……………………….. …………………
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA KITA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi 1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi |
1. Macam-macam kebutuhan
a. Menurut intensitasnya b. Menurut sifatnya
d. Menurut masa depan
2. Kelangkaan adalah timpang antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dihadapkan pada sarana ekonomi yang terbatas. 3. Faktor-faktor penyebab kelangkaan: a. terbatasnya persediaan SDA b. terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah
d. meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemempuan manusia untuk menghasilkan atau menemukan sumber-sumber baru 4. Faktor-faktor produksi yaitu: a. Sumber Daya Alam b. Sumber Daya Manusia
d. Kewirausahaan 5. Masalah pokok ekonomi: a. What (apa)? b. How (Bagaimana)?
6. Biaya peluang timbul akibat adanya kenyataan bahwa faktor produksi atau sumber ekonomi yang tersedia bagi suatu perekonomian jumlahnya sangat terbatas/langka. 7. Sistem ekonomi adalah cara untuk mengatur dan mengorganisasi segala kegiatan ekonomi. 8. Macam-macam sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi: a. sistem ekonomi tradisional, mengatasi masalah pokok dalam ekonomi masih bersifat tradisional, terikat adapt dan tradisi b. sistem ekonomi komando, mengatasi masalah pokok dalam ekonomi yang mendasar, dipilih dan diputuskan oleh pemerintah pusat.
|
|
-Menganalisis jenis-jenis kebutuhan
-Pengalokasian biaya yang tepat dalam menghadapi kelangkaan sumber daya |
6 ´ 45 menit |
– Buku paket Ekonomi X – Buku lain yang relevan
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
………………….. ………………….
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA KITA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Kebutuhan Manusia
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi 1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi |
1.Macam-macam kebutuhan
a. Menurut intensitasnya b. Menurut sifatnya
d. Menurut masa depan
2. Kelangkaan adalah timpang antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dihadapkan kepada sarana ekonomi yang terbatas. 3. Faktor-faktor penyebab kelangkaan: a. terbatasnya persediaan SDA b. terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah c. keserakahan manusia 4. Faktor-faktor produksi yaitu: a. SDA
d. Kewirausahaan 5.Masalah pokok ekonomi: a. What (apa)? b. How (Bagaimana)?
6. Biaya peluang timbul akibat adanya kenyataan bahwa faktor produksi atau sumber ekonomi yang tersedia bagi suatu perekonomian jumlahnya sangat terbatas/langka. 7. Sistem ekonomi adalah cara untuk mengatur dan mengorganisasi segala kegiatan ekonomi. 8. Macam-macam sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi: a. sistem ekonomi tradisional, mengatasi masalah pokok dalam ekonomi masih bersifat tradisional, terikat adat dan tradisi b. sistem ekonomi komando, mengatasi masalah pokok dalam ekonomi yang mendasar, dipilih dan diputuskan oleh pemerintah pusat.
|
– Kuis | - Pilihan ganda
– Uraian |
1. Manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan. Kesejahteraan materiil yang berhubungan dengan benda dan jasa disebut …
a. kelangkaan b. kebutuhan c. keinginan d. kemakmuran e. kemauan
2. Sumber segala masalah dalam ekonomi adalah … a. memenuhi kebutuhan b. mengubah kekuatan ekonomi c. kelangkaan dan pilihan d. mengolah sumber daya e. mengubah bahan mentah menjadi barang jadi
3. Kebutuhan alamiah disebut juga kebutuhan … a. primer b. sekunder c. tersier d. jasmani e. masa depan
4. Ciri-ciri barang konsumsi adalah …
5. Yang dimaksud kebutuhan masa yang akan datang adalah …
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö |
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
…………………… ……………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Kebutuhan Manusia
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Waktu : 4 ´ 45 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
II. Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
III. Materi Pembelajaran :
1. Macam-macam kebutuhan
a. Menurut intensitasnya
b. Menurut sifatnya
- Menurut waktu
d. Menurut masa depan
- Menurut subjek
2. Kelangkaan adalah timpang antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dihadapkan kepada sarana ekonomi yang terbatas.
3. Faktor-faktor penyebab kelangkaan:
a. terbatasnya persediaan SDA
b. terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah
- meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemempuan manusia untuk menghasilkan atau menemukan sumber-sumber baru
4. Faktor-faktor produksi yaitu:
a. Sumber Daya Alam
b. Sumber Daya Manusia
- Sumber Daya Modal
d. Kewirausahaan
5.Masalah pokok ekonomi:
a. What (apa)?
b. How (Bagaimana)?
- For Whom (untuk siapa)?
6. Biaya peluang timbul akibat adanya kenyataan bahwa faktor produksi atau sumber ekonomi yang tersedia bagi suatu perekonomian jumlahnya sangat terbatas/langka.
7. Sistem ekonomi adalah cara untuk mengatur dan mengorganisasi segala kegiatan ekonomi.
8. Macam-macam sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi:
a. sistem ekonomi tradisional, mengatasi masalah pokok dalam ekonomi masih bersifat tradisional, terikat adat dan tradisi
b. sistem ekonomi komando, mengatasi masalah pokok dalam ekonomi yang mendasar, dipilih dan diputuskan oleh pemerintah pusat.
- sistem ekonomi pasar, mengatasi tiga masalah mendasar dalam ekonomi, dipilih, dan ditentukan sendiri oleh pihak swasta. Yaitu rumah tangga, perusahaan, dan industri.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
I. Pendahuluan
Motivasi : Memotivasi siswa agar dapat menafsirkan berbagai kebutuhan manusia. Prasyarat : Siswa telah mempelajari materi kelas IX dan materi lainnya yang relevan II. Kegiatan Inti Guru : – Memberikan informasi dan menyampaikan penjelasan tentang kebutuhan manusia, kelangkaan, masalahah pokok ekonomi beserta pemecahannya. – Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas Siswa : – Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik – Menanyakan hal-hal yang belum jelas. III. Penutup – Membuat rangkuman – Uji Kompetensi dan ulangan harian |
20’
100’
60’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : –
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas X
– Buku-buku lain yang relevan
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
…………….. ……………
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2.2 Mendeskripsikan Circular Flow Diagram 2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen |
1. Macam-macam barang:
a. menurut sifatnya: barang bebas & barang ekonomi; b. menurut fungsinya: barang konsumsi, barang modal;
d. menurut pengerjaannya: barang mentah, barang setengah jadi, barang jadi; e. menurut bentuknya: barang tetap, barang bergerak. 2. Manfaat barang dibedakan menjadi: guna bentuk, guna tempat, guna waktu, guna milik, guna dasar, guna pelayanan. 3. Nilai barang dibedakan menjadi: nilai pakai, nilai tukar, nilai pakai subjektif, ni9lai tukar subjektif, nilai tukar objektif. 4.Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi: pendapatan, harga diri, gaya hidup, pendapatan. 5. Ciri-ciri konsumsi: bentuk barang dan jasa, penggunaannya secara langsung dapat memuaskan kebutuhan,sebagai konsumsi akhir, merupakan tujuan dari produksi. 6. Tujuan konsumsi seca ekonomi: untuk memenuhi kebutuhan manusia secara langsung, untuk menggunakan atau memakai barang dan jasa. 7. Teori perilaku konsumen a. Menurut Engel: “Semakin kecil pendapatan, semakin besar pendapatan untuk konsumsi dan sebaliknya semakin besar pendapatan, semakin besar bagian dari pendapatan untuk tabungan. b. Menurut Keynes: “bila dikaitkan dengan pendapatan, konsumsi adalah bagian pendapatan yang dibelanjakan untuk kebutuhan konsumsi.
8. Tujuan produksi: a. untuk menghasilkan barang atau jasa yangdibutuhkan rumah tangga keluarga atau rumah tangga produksi, b. untuk mengganti barang yang rusak atau habis
d. untuk mendapatkan keuntungan,
9. Jenis-jenis bidang produksi: bidang ekstraktif, agraris, industri, perdagangan, jasa.
10. Tingkatan produksi: tingkat produksi tradisional/primitif; sederhana/ madya; tinggi/maju.
11. Faktor-faktor produksi
12. Perilaku produsen adalah tingkah laku produsen dalam menghasilkan barang atau jasa .
13 Teori perilaku produsen: hukum hasil lebih yang makin berkurang (The Law of Deminishing) Return) yang dikemukakan oleh David Ricardo, ” Dengan suatu teknik tertentu maka mulai titik tertentu penambahan faktor-faktor produksi tidak lagi memberikan penambahan hasil produksi yang sebanding.” |
– Ceramah
– Tanya jawab – Diskusi -Penugasan |
– Pendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen, circular flow diagram, peran konsumen dan produsen.
– Berlatih mengerjakan soal |
8 ´ 45 menit |
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Perilaku konsumen dan produsen
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket. |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
2.1Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2.2Mendeskripsikan Circular Flow Diagram 2.3Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen |
1. Macam-macam barang:
a. menurut sifatnya: barang bebas & barang ekonomi; b. menurut fungsinya: barang konsumsi, barang modal;
d. menurut pengerjaannya: barang mentah, barang setengah jadi, barang jadi; e. menurut bentuknya: barang tetap, barang bergerak.
2. Manfaat barang dibedakan menjadi: guna bentuk, guna tempat, guna waktu, guna milik, guna dasar, guna pelayanan.
3. Nilai barang dibedakan menjadi: nilai pakai, nilai tukar, nilai pakai subjektif, ni9lai tukar subjektif, nilai tukar objektif.
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi: pendapatan, harga diri, gaya hidup, pendapatan.
5. Ciri-ciri konsumsi: bentuk barang dan jasa, penggunaannya secara langsung dapat memuaskan kebutuhan,sebagai konsumsi akhir, merupakan tujuan dari produksi.
6. Tujuan konsumsi secara ekonomi: untuk memenuhi kebutuhan manusia secara langsung, untuk menggunakan atau memakai barang dan jasa.
7. Teori perilaku konsumen a. Menurut Engel: “Semakin kecil pendapatan, semakin besar pendapatan untuk konsumsi dan sebaliknya semakin besar pendapatan, semakin besar bagian dari pendapatan untuk tabungan. b. Menurut Keynes: “bila dikaitkan dengan pendapatan, konsumsi adalah bagian pendapatan yang dibelanjakan untuk kebutuhan konsumsi.
8. Tujuan produksi: a. untuk menghasilkan barang atau jasa yangdibutuhkan rumah tangga keluarga atau rumah tangga produksi, b. untuk mengganti barang yang rusak atau habis
d. untuk mendapatkan keuntungan,
9. Jenis-jenis bidang produksi: bidang ekstraktif, agraris, industri, perdagangan, jasa.
10. Tingkatan produksi: tingkat produksi tradisional/primitif; sederhana/ madya; tinggi/maju.
11. Faktor-faktor produksi faktor produksi asli: alam dan tenaga kerja faktor produksi turunan: modal dan kewirausahaan.
12. Perilaku produsen adalah tingkah laku produsen dalam menghasilkan barang atau jasa .
13 Teori perilaku produsen: hukum hasil lebih yang makin berkurang (The Law of Deminishing) Return) yang dikemukakan oleh David Ricardo, ” Dengan suatu teknik tertentu maka mulai titik tertentu penambahan faktor-faktor produksi tidak lagi memberikan penambahan hasil produksi yang sebanding.” 14. Arus lingkaran kegiatan ekonomi: a. Diagram interaksi pelaku ekonomi (Circular flow diagram): model sederhana dan model lengkap b. Manfaat diagram interaksi ekonomi: Bagi pemerintah: 1) Sebagai alat bantu untuk membuat pola pambangunan nasional 2) Sebagai alat bantu untu membuat APBN Bagi masyarakat: 1) Sebagai sarana untuk memperluas wawasan 2) Sebagai alat bantu untuk mengetahui jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh masyarakat. 15. Pelaku ekonomi dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
|
– Kuis | - Pilihan ganda
– Uraian |
1. Kurva permintaan memiliki kemiringan …
a. positif b. negatif c. lurus d. mendatar e. vertikal
2. Fungsi penawaran dinyatakan dalam persamaan P = 3Q – 9. Harga yang terjadi pada saat jumlah penawaran 8 unit adalah … a. 24 b. 21 c. 18 d. 15 e. 12
3. Harga barang yang merupakan hasil permufakatan antara pembeli dan penjual dinamakan harga … a. pasar b. bebas c. patokan d. pembelian e. penjualan
4. Bagaimana proses terbentuknya harga jual di pasar? |
Ö
Ö
|
Ö
Ö |
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Perilaku konsumen dan produsen
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Waktu : 8 ´ 45 menit
I. Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
II. Kompetensi Dasar :
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2.2 Mendeskripsikan Circular Flow Diagram
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
III. Materi Pembelajaran :
1. Macam-macam barang:
a. menurut sifatnya: barang bebas & barang ekonomi;
b. menurut fungsinya: barang konsumsi, barang modal;
- menurut cara penggunaannya: barang substitusi, barang komplementer;
d. menurut pengerjaannya: barang mentah, barang setengah jadi, barang jadi;
- menurut bentuknya: barang tetap, barang bergerak.
2. Manfaat barang dibedakan menjadi: guna bentuk, guna tempat, guna waktu, guna milik, guna dasar, guna pelayanan.
3. Nilai barang dibedakan menjadi: nilai pakai, nilai tukar, nilai pakai subjektif, ni9lai tukar subjektif, nilai tukar objektif.
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi: pendapatan, harga diri, gaya hidup, pendapatan.
5. Ciri-ciri konsumsi: bentuk barang dan jasa, penggunaannya secara langsung dapat memuaskankebutuhan,sebagai konsumsi akhir, merupakan tujuan dari produksi.
6. Tujuan konsumsi secara ekonomi: untuk memenuhi kebutuhan manusia secara langsung, untuk menggunakan atau memakai barang dan jasa.
7. Teori perilaku konsumen
a. Menurut Engel: “Semakin kecil pendapatan, semakin besar pendapatan untuk konsumsi dan sebaliknya semakin besar pendapatan, semakin besar bagian dari pendapatan untuk tabungan.
b. Menurut Keynes: “bila dikaitkan dengan pendapatan, konsumsi adalah bagian pendapatan yang dibelanjakan untuk kebutuhan konsumsi.
- Menurut Gossen:
- Hukum Gossen I (hukum kepuasan marginal yang terus menurun)
- Hukum Gossen II (hukum kepuasan yang harmonis)
8. Tujuan produksi:
a. untuk menghasilkan barang atau jasa yangdibutuhkan rumah tangga keluarga atau rumah tangga produksi,
b. untuk mengganti barang yang rusak atau habis
- untuk memenuhi pasar internasional,
d. untuk mendapatkan keuntungan,
- untuk meningkatkan kemakmuran.
9. Jenis-jenis bidang produksi: bidang ekstraktif, agraris, industri, perdagangan, jasa.
10. Tingkatan produksi: tingkat produksi tradisional/primitif; sederhana/ madya; tinggi/maju.
11. Faktor-faktor produksi
- faktor produksi asli: alam dan tenaga kerja
- faktor produksi turunan: modal dan kewirausahaan.
12. Perilaku produsen adalah tingkah laku produsen dalam menghasilkan barang atau jasa .
13. Teori perilaku produsen: hukum hasil lebih yang makin berkurang (The Law of Deminishing) Return) yang dikemukakan oleh David Ricardo, ” Dengan suatu teknik tertentu maka mulai titik tertentu penambahan faktor-faktor produksi tidak lagi memberikan penambahan hasil produksi yang sebanding.”
14. Arus lingkaran kegiatan ekonomi:
a. Diagram interaksi pelaku ekonomi (Circular flow diagram): model sederhana dan model lengkap
b. Manfaat diagram interaksi ekonomi:
Bagi pemerintah:
1) Sebagai alat bantu untuk membuat pola pambangunan nasional
2) Sebagai alat bantu untu membuat APBN
Bagi masyarakat:
1) Sebagai sarana untuk memperluas wawasan
2) Sebagai alat bantu untuk mengetahui jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh masyarakat.
15. Pelaku ekonomi dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
- rumah tangga konsumsi atau rumah tangga keluarga
- rumah tangga produksi atau dunia usaha
- rumah tangga negara atau pemerintahan
- masyarakat luar negeri.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
I. Pendahuluan
Motivasi : Memotivasi siswa agar dapat memahami pola perilaku konsumen dn produsen dalam kegiatan ekonomi. Prasyarat : Siswa telah mempelajari materi kelangkaan dan biaya peluang dan materi lainnya yang relevan II. Kegiatan Inti Guru : – Memberikan informasi dan menyampaikan penjelasan ten-tang pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi – Mendeskripsikan Cyrcular flow diagram Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen. – Memberikan contoh soal dan penyelesaiannya – Menjawab pertanyaan dari siswa dan pemberian tugas Siswa : – Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik – Menanyakan hal-hal yang belum jelas III. Penutup – Membuat rangkuman – Uji Kompetensi dan ulangan harian |
20’
220’
90’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : –
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas X
– Buku-buku lain yang relevan
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Strategi Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Bahan |
|
Metode |
Pengalaman Belajar |
||||
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang 3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
4 Kurva permintaan adalah grafik yang menunjukkan jumlah barang yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga yang berbeda-beda.
a. harga barang itu sendiri b. harga barang lain
d. selera masyarakat
a. teknologi produksi, b. harapan pedagang terhadap perubahan harga di masa mendatag,
d. harga faktor-faktor produksi.
a. pasar sempurna: pasar yang terorganisir secara sempurna b. pasar tidak sempurna: pasar yang tidak terorganisir dengan sempurna.
|
– Ceramah
– Tanya jawab – Diskusi -Penugasan |
|
12 ´ 45 menit |
– Buku paket Ekonomi X
– Buku lain yang relevan
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Materi Pokok : Permintaan dan Penawaran
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2008/2009
Kompetensi Dasar |
Materi Pelajaran |
Teknik Penilaian |
Ranah Penilaian |
Ket. |
||||
Jenis Tagihan |
Bentuk Tagihan |
Instrumen |
K |
P |
A |
|||
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang 3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
1. Pemintaan adalah jumlah barang dan jasa ang akan dibeli oleh pembeli pada tingkat harga yang berlaku pada tempat dan waktu tertentu.
2. Macam-macam permintaan dapat dilihat dari:
4 Kurva permintaan adalah grafik yang menunjukkan jumlah barang yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga yang berbeda-beda.
a. harga barang itu sendiri b. harga barang lain
d. selera masyarakat
|
– Kuis | – Pilihan ganda
– Uraian |
1. Apa yang dimaksud dengan penawaran?
2. 100 buah almari laku terjual, @ Rp 150.000,00. Penjual berani menyediakan 150 almari jika harganya naik menjadi Rp 200.000,00 a. Tentukan fungsi penawarannya! b. Gambarkan grafiknya!
3. Kapan keseimbangan pasar dicapai?
4.Tunjukkan dengan kurva proses terbentuknya harga pada pasar faktor produksi tanah!
|
Ö
|
Ö
|
Ö
Ö
|
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA PALEMBANG
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Permintaan dan Penawaran
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
Waktu : 12 ´ 45 menit
I. Standar Kompetensi : Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
II. Kompetensi Dasar :
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan
3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
3.5 Mendeskripsikan pasar input
III. Materi Pembelajaran :
- Pemintaan adalah jumlah barang dan jasa ang akan dibeli oleh pembeli pada tingkat harga yang berlaku pada tempat dan waktu tertentu.
- Macam-macam permintaan dapat dilihat dari:
- daya beli konsumen,
- pendapatan,
- jumlah pemintanya.
- Skala permintaan adalah suatu anggapan dasar yang menunjukkan jumlah barang yang akan diminta oleh masyarakat pada tingkat harga yang berbeda-beda.
- Kurva permintaan adalah grafik yang menunjukkan jumlah barang yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga yang berbeda-beda.
- Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
- harga barang itu sendiri
- harga barang lain
- pendapatan
- selera masyarakat
- jumlah penduduk
- Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
- teknologi produksi,
- harapan pedagang terhadap perubahan harga di masa mendatag,
- jumlah pedagang,
- harga faktor-faktor produksi.
- Bunyi hukum permintaan: “jumlah barang yang diminta akan selalu berbanding terbalik dengan harganya”.
- Hukum permintaan berlaku bila keadaan lain cateris paribusatau tidak berubah, yaitu dengan:
- penghasilan tetap,
- selera tetap,
- kegunaan barang tetap,
- tidak ada barang substitusi.
- Bunyi hukum penawaran: “jumlah barang yang ditawarkan akan selalu berbanding lurus dengan harga”.
- Hukum penawaran berlaku apabila cateris paribus, yaitu dengan:
- teknologi yang digunakan tetap,
- penjual tidak memerlukan uang tunai,
- jumlah pedagang atau produsen tetap.
- Harga keseimbangan adalah suatu tingkat harga yang pada harga tersebut jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta.
- Harga dan output keseimbangan adalah tingkat harga dan output pada saat permintaan dan penawaran sama.
- Pasar barang adalah tempat diperjualbelikannya berbagai macam barang dan jasa.
- Bentuk-bentuk pasar barang:
- pasar sempurna: pasar yang terorganisir secara sempurna
- pasar tidak sempurna: pasar yang tidak terorganisir dengan sempurna.
- Pasar input/pasar faktor produksi adalah tempat ditawarkannya faktor-fakrot produksi yang berupa tenaga kerja, tanah, barang, modal, dan uang serta kewirausahaan.
- Jenis-jenis pasar input:
- pasar tenaga kerja,
- pasar faktor produksi tanah,
- pasar faktor produksi modal,
- pasar faktor produksi kewirausahaan.
IV. Strategi Pembelajaran :
Kegiatan |
Waktu |
Aspek Life Skill yang Dikembangkan |
I. Pendahuluan
Motivasi : Memotivasi siswa agar dapat memahami konsep permintaan dan penawaran serta membuat kurva/grafik. Prasyarat : Siswa telah mempelajari materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan
II. Kegiatan Inti Guru : – Memberikan informasi dan menyampaikan penjelasan ten-tang materi permintaan, penawaran, beserta kurvanya. -Memberikan penjelasan tentang harga keseimbangan beserta kurva-kurvanya. -Memberikan penjelasan tentang pasar barang bentuk-bentuk pasarnya, dan kurva-kurvanya. -Memberikan penjelasan tentang pasar faktor produksi, jenis-jenisnya, beserta kurva-kurvanya. – Memberikan contoh soal dan penyelesaiannya – Menjawab pertanyaan siswa dan pemberian tugas Siswa : – Menyimak apa yang diterang-kan guru dengan baik – Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru – Menanyakan hal-hal yang belum jelas III. Penutup – Membuat rangkuman dan uji Kompetensi |
20’
340’
180’ |
Personal dan akademik
Personal dan akademik
Personal dan akademik |
V. Media Pembelajaran : –
VI. Penilaian :
A. Jenis Tagihan : Kuis
B. Tindak Lanjut : – Siswa dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 65% atau lebih
– Memberikan program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 65%
– Memberikan program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya lebih dari 65%
VII. Sumber Bacaan : – Buku paket Ekonomi kelas X
– Buku-buku lain yang relevan
Palembang, Juli 2008
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Kepala Sekolah